VIDEO ANIMASI RESUSITASI JANTUNG PARU UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
Out of Hospital Cardiac Arrest termasuk satu dari banyaknya kasus kegawatdaruratan yang terjadi di luar Rumah Sakit. OHCA menjadi penyebab utama kematian pada setting kegawatdaruratan di Negara Eropa dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, kasus OHCA belum teridentifikasi secara pasti. Banyaknya kejadian OHCA pada setting di masyarakat membuat kita perlu tahu tindakan utama yang perlu diberikan kepada korbannya. Anak usia sekolah mempunyai peranan penting kedepannya untuk menjadi seroang yang terlatih dalam kasus OHCA. Adapun Tujuan dari penelitian adalah menerapkan video animasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah tentang Resusiati Jantung Paru (RJP). Desain penelitian adalah quasy experimental dengan rancangan non-randomized control group pretest post test design. Peneliti membagi 2 kelompok dengan purposive sampling. Jumlah sampel 74 responden. Instrumen menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dan Mann-Whitney U Test dengan batas kemaknaan 95%. Hasil penelitian didapatkan p-value < 0,05 (p=0,000) berarti ada perbedaan yang signifikan pengetahuan dan sikap siswa pada masing-masing kelompok sehingga pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan pendekatan video animasi dapat diaplikasikan kepada anak usia sekolah. Media pembelajaran ini dirasa sangat efektif pada anak-anak dikarenakan tersedianya gambar dan suara yang menarik untuk ditonton dan dapat berulang-ulang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
American Heart Association. 2015. Highlights of The 2015 American Heart Association Guidelines Update for CPR and ECC, https:// www.heart.org., diakses tanggal 24 Juli 2019.
Go,A.S., Mozaffarian, D., and Roger V.L. 2014. Excecutive Summar: Heart Disease And Stroke Statistics - 2014 Update: A Report From The American Heart Association. Circulation, 129(3), 399-410.
Vellano, K., Crouch, A., Rajdev, M., and McNally, B. 2015. Cardiac Arrest Registry to Enhance Survival (CARES) Report on the Public Health Burden of Out-of-Hospital Cardiac Arrest. CARES, https://www.nationalacademies.org, diakses tanggal 24 Juli 2019.
Meischke, H., Taylor, V., Calhoun, R., Liu, Q., Sos, C., Tu, S. P., Eisenberg, D. 2012. Preparedness for Cardiac Emergencies among Cambodians with Limited English Proficiency. Journal of Community Health 2012; 37(1):176–180.
Berg, R.A., Hemphill, R., Abella, B.S., Aufderheide, DM., Cave, D.M., Hazinski, M.F., Lerner, B., Rea, T.D., Sayre, M.R., Swor, R.A. 2010. Adult Basic Life Support: American Heart Association Guidelines for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care. 122. p: 685 – 705.
Hasselqvist-Ax, I., Riva, G., and Herlitz, J. 2015. Early cardiopulmonary resuscitation in out-of-hospital cardiac arrest. N Engl J Med; 372:230715.
Wang, J., Ma, L., & Lu, YQ. 2015. Strategy analysis of cardiopulmonary resuscitation training in the community. Journal of Thoracic Disease, 7(7), 160-165.
Bohn A, Lukas RP, Breckwoldt J, et al. 2015. Kids Save Lives': Why Schoolchildren Should Train In Cardiopulmonary Resuscitation. Curr Opin Crit Care; 21:220-225.
Unal I, Okur N, Kapucu S. 2010. The Effect of Using Animations on PreServices Science Teacher’s Science Achievement. Procedia Social and Behavioral Sciences. doi:10.1016/j.sbspro.2010.03.873.
Sudiarta, I. G. P. & Sadra I. P. 2016. Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, (Online), 49 (2): 48-58, http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/9009, diakses tanggal 24 Juli 2019.
American Red Cross. 2015. Basic Life Support for Healthcare Providers Handbook.
Rahmawati E., Wihastuti TA., Kristianto H., 2016. Pengaruh Media Pembelajaran High Quality Cardiopulmonary Resuscitation For Adult Berbasis Game Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Psikomotor Mahasiswa S1 Keperawatan. Jurnal Kesehatan Mesencephalon: 2(3).
Jenson C, & Forsyth DM. 2012. Virtual Reality Simulation: Using Three Dimentional Technology to Teach Nursing Students. Computer, Informastics, Nursing; 30 (6): 312-318.
Granito M & Chernobilsky E. 2012. The Effect of Technology on a Student's Motivation and Knowledge Retention: NERA Conference Proceedings 2012.
Mardegan, KJ. 2015. Comparison of an interactive CD-based and traditional instructor-led Basic Life Support skills training for nurses. Australian Critical Care; 28(3):160-167.
Lontoh C, Kiling M, & Wongkar D. 2013. Pengaruh Pelatihan Teori Bantuan Hidup Dasar terhadap Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Siswa Siswi SMA Negeri 1 Toili. ejournal keperawatan (e-Kp) Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado; 1(1).
Thomas RE, Horton VT, Valdes B, Valdes G, Rosen LF, Birnbach DJ. 2016. The Influence of High Fidelity Simulation on First Responders Retention of CPR Knowledge. Applied Nursing Research; 30; 94-97.
Contri E, Baggiani M, Bonomo MC, Tonani M, Fichtner FE, Cornara S, Baldi E. 2016. Video-Based CompressionOnly CPR teaching: A Feasible and Effective Way to Spread CPR in Secondary Schools. Resuscitation 2016. doi: 10.1016/j.resuscitation.07.143.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i8.1008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats