PELATIHAN MENGGUNAKAN E-PAYMENT DI ERA DIGITALISASI 5.0 DAN MASA PANDEMIC COVID 19 PADA USAHA KECIL MASYARAKAT DI DENPASAR DAN PALANGKA RAYA

Usup Riassy Christa, I Gusti Ayu Ketut Giantari

Abstract


Penelitian dibidang manajemen untuk memberikan edukasi kepada usaha kecil masyarakat dalam memberikan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan melalui modal sosial dan e-commerce payment system. Bentuk kepercayaan, norma, timbal balik dan jaringan yang dibangun dalam modal sosial sangat mendukung hasil meningkatkan kepuasan konsumen di era pandemic. Kepuasan konsumen berdasarkan dorongan menggunakan e-payment sangat penting dalam menerapkan transaksi dengan mengutamakan protocol kesehatan saat COVID-19. Penelitian dilakukan pada 150 UKM produk home industry di kota Denpasar dan 150 UKM di kota Palangka Raya. Hasil penelitian ini didapat dari analisis statistik secara kuantitatif linier sederhana, yang berdasarkan nilai r-square sebesar 81,5% modal sosial dan e-payment dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Implikasi penelitian bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan work from home dalam membantu mengedukasi UKM untuk menerapkan social capital dan e-payment dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di era digitalisasi 5.0 dan menghadapi new normal pandemic di kota Denpasar dan di kota Palangka Raya.

Keywords


e-Payment, Social Capital, Kepuasan Konsumen & UKM

Full Text:

PDF

References


Negara, D. J., & Kristinae, V. (2019). Pengaruh Teknologi dan Inovasi dalam Persaingan Traditional Food di Kalimantan Tengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(1), 45-52.

Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 52-62.

Kristinae, V. (2018). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Konsumen Untuk Melakukan Pembelian Kerajinan Tangan Rotan. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 25-30.

Christa, U. R., Wardana, I., Dwiatmadja, C., & Kristinae, V. (2020). The Role of Value Innovation Capabilities in the Influence of Market Orientation and Social Capital to Improving the Performance of Central Kalimantan Bank in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 140.

Kristinae, V., & Sahay, M. (2019). Pengaruh Social Media, Learning Orientation Dan Market Orientation Terhadap Marketing Capabilities Ukm Kerupuk Ikan Saluang Di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah, 14(2), 1959-1966.

Peridawaty, P., & Kristinae, V. (2020). Peran Penting Lingkungan Kerja Dan Manajemen Inovasi Meningkatkan Profitabilitas Usaha Kerajinan Rotan Di Kalimantan Tengah. MEDIA BINA ILMIAH, 15(3), 4145-4152.

Nahan, N., & Kristinae, V. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDUKUNG KINERJA BISNIS ONLINE MAHASISWA FEB UPR DI KALIMANTAN TENGAH. MEDIA BINA ILMIAH, 15(5), 4529-4536.

Kristinae, V., Wardana, I., Giantari, I., & Rahyuda, A. (2020). The role of powerful business strategy on value innovation capabilities to improve marketing performance during the COVID-19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 8(4), 675-684.

Wani, T. A., & Ali, S. W. (2015). Innovation diffusion theory. Journal of general management research, 3(2), 101-118.

Wonglimpiyarat, J., & Yuberk, N. (2005). In support of innovation management and Roger's Innovation Diffusion theory. Government Information Quarterly, 22(3), 411-422.

Assegaff, S. (2015). Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Online Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Online) terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online: Prespektif Konsumen di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 463-473.

Andhini, A. (2017). Pengaruh transaksi online shopping, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).

Rabiah, A. S., Fahlevi, M., Juhandi, N., & Winarto, P. HARUSKAH E-PAYMENT TRUST DITERAPKAN E-COMMERCE SEBAGAI FAKTOR KEPUASAN KONSUMEN?. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2724-2743.

Reza, Y. (2019). Analisis faktor-faktor sukses sistem e-payment. Jurnal Riset Sains Manajemen, 3(1), 31-48.

Hermawan, V. K., & Paramita, E. L. (2020). Trust dan Perceived Usefulness dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan E-wallet. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 223-236.

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.

Azhari, F. (2017). Peran modal sosial dalam pengembangan jaringan usaha kecil menengah (Studi kasus pada rumah makan padang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Warmana, G. O., & Widnyana, I. W. (2018). Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kinerja Usaha Pada UD. Udiana Ds. Celuk, Gianyar Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(1).

Putra, R. A. R. S., Ariyadi, B., Kurniawati, N., & Haryadi, F. T. (2017). Pengaruh modal sosial terhadap tingkat kesejahteraan rumah tangga peternak: studi kasus pada kelompok peternak ayam kampung Ngudi Mulyo, Gunungkidul. Buletin Peternakan, 41(3), 349-354.

Suryawan, N. (2017). Kearifan Lokal sebagai Modal Sosial dalam Integrasi antara Etnik Bali dan Etnik Bugis di Desa Petang, Badung, Bali in. Jurnal Kajian Bali, 7(01).

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Irawati, R. (2018). Pengaruh pelatihan dan pembinaan terhadap pengembangan usaha kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 74-84.

Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) binaan dinas perdagangan Kota Surabaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i8.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats