PENGARUH AKTIVITAS, MINAT DAN PENDAPAT KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MAKANAN CEPAT SAJI PADA MCDONALD SM RAJA MEDAN

Raju Gobal, Siti Aisyah

Abstract


Penelitian dilaksanakan di McDonald’s SM Raja Medan yang berjumlah 1900 orang. Adapun sampel tersebut berjumlah 95 responden. Motode penelitian yang digunakan yakni dengan Teknik Pengumpulan Data melalui penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan Analisis Deskriptif, Analisis Regresi. Analisis ini mencakup: Validitas dan realiabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan f, dan analisis koefisien determinasi (R2). Dari analisis tersebut diperoleh analisis regresi: Y = -6.236 +0.502x1 + 0.186x2 + 0.870x3 + e Hasil uji regresi R2 menunjukkan bahwa 79,8% faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih makanan cepat saji dapat dijelaskan oleh Aktifitas, Minat, dan Pendapat konsumen sedangkan sisanya 19,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa f hitung sebesar 124.469>2.70. yang berarti variabel bebas Aktifitas, Minat, dan Pendapat konsumen  secara serempak (simultan) berpengaruh terhadap variabel terikat keputusan memilih makanan cepat saji. Sedangkan uji t menunjukkan bahwa variabel aktifitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih makanan cepat saji memilih McDonald’s SM Raja Medan dimana t hitung > t tabel, (3.782 > 1.9858)  ini berarti bahwa H1 dapat diterima dan terdapat hubungan antara aktifitas terhadap keputusan memilih makanan cepat saji memilih McDonald’s SM Raja Medan. Untuk variabel Interest berpengaruh dan  t hitung > t tabel, (2.756 > 1.9858) ini berarti bahwa H2 diterima dan signifikan hubungan antara interest terhadap keputusan memilih makanan cepat saji memilih McDonald’s SM Raja Medan. Untuk variabel pendapat konsumen berpengaruh dan  t hitung > t tabel, (8.227 < 1.9858) ini berarti bahwa H3 diterima dan signifikan hubungan antara pendapat konsumen terhadap keputusan memilih makanan cepat saji memilih McDonald’s SM Raja Medan


Keywords


Aktifitas, Minat, Pendapat Konsumen & Keputusan Memilih

Full Text:

PDF

References


Annoraga, Pandji.”Manajemen Bisnis” PT. Rineka Cipta, Jakarta 2004.

Assael, Henry. Agung, Bhuono Nugroho, “Strategi Jitu Memilih Metode Statistic Penelitian Dengan SPSS”, Yogyakarta, 2005,1992.

Algifari, “Analisis Regresi”, Cetakan Kedua, PT. BPFE, 1997, Yogyakarta.

Cravens, David W. 2000, Pemasaran Strategis , Edisi Keempat, Alih Bahasa: Lina Salim, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dichter, E. “Typology”, Institute for Motivational Research, Peekskill, New York, 1958.

Dajan, Anton, “Pengantar Metode Statistik “, jilid 2, LP3ES, Jakarta,1996.

Engel. J.f. Blackwel, R.D. Miniard, P.W. “Perilaku Konsumen” ed. Ke- 8. Jakarta. 1994.

Ghozali, Imam. 2005. Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Handoko, T. Hani dan Swastha, Basu. 2000, Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2005, Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benjamin Molan, Edisi Milenium, Penerbit PT. Indeks, Jakarta.

___________dan Armstrong .2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedelapan, , Penerbit Erlangga, Jakarta.

___________.2000, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi Pertama, Terjemahan: AB. Susanto, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lamb, Chales W., Hair, Joseph F., and McDaniel, Carl. 2001, Pemasaran, Buku Pertama, Penerjemah: David Octarevia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2006, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Nazir, Moh. 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Purnama, Lingga. 2001, Strategi Marketing Plan, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2001, Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sekaran, Uma . 2006, Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi Keempat, Penerjemah: Kwan Men Yon, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Stanton, William J. 1996, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Alih Bahasa: Y. Lamarto, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono. 2002, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Swastha, Basu. 1996, Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003, Metode Riset Bisnis, Cetakan Pertama, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Winardi. 2001, Manajemen Pemasaran, Penerbit CV. Sinar Baru, Bandung.

Gujarati, Damodar “Basic Econometri”, edisi 3, Mc. Graw-Hill. New York. 1995.

Kasali, R. “Membidik Pasar Indonesia Segmentasi. Targeting. Positioning” Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999.

Kotler, Philip, “Marketing Managemen Analisys, Planning Implementatian and Control” 9th Edition, Prentice-Hall International Inc, New jersey, 1997.

______dan Gary Armstrong, “ Principle Of Marketing”; 9th edition, prentice-Hall, inc, Homewood, New Jersey, 2000.

______“Manajemen Pemasaran” Terjemahan Jilid 1, Edisi Millennium, PT. Intan sejati Klaten, Jakarta, 2000.

_______“ Manajemn Pemasaran” Terjemahan 2 Edisi Milenium, Prenhallindo, Jakarta, 2002.

L, Loundon.David & Albert J. Dellaa Bitta, “Consumer Behavior, Edisi 3, Mc Graw-Hall Book Company, new York, 1988.

McDonald, Malcom H.B. Morris. Peter., “the Marketting Plan” Heinemann Profesional Publishing, London, 1988.

Mowen, John.C. dan Michael Minor. “Perilaku Konsumen” Jilid I. edisi kelima, Erlangga, Jakarta, 2002.

Peter, J. paul and Jerry C. Olson. “Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Edisi ke-4, Erlangga, Jakarta, 1999.

Plummer, J. “The Concept and Application of life Style Segmentation”, dalam jurnal of marketing, 38 Januari. Pp.33-37 , 1974

Rangkuti, F. “Riset Pemasaran”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Simamora, Bilson “MEMENANGKAN PASAR Dengan Pemasaran Efektif Dan Profitabel”, cet. Ke.2, PT.SUN, Jakarta, 2003.

_______, “Perilaku Konsumen dan komunikasi Pemasaran” PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2002.

Susianto, H. “Studi Gaya Hidup Sebagai Upaya Mengenali Kebutuhan Anak Muda” dalam Jurnal Psikologi Dan Masyarakat, 1, 55-76. 1993.

Swa Sembada No. 13/XXII/29 JUNI-9 Juli 2006.

Swastha DH, Basu, dan Hani Handoko.T. “Manajemen Pemasaran: Analisys Perilaku Konsumen”, Liberty, Yogyakarta, 1997.

_______Dan Ibnu Sukotjo.W. “Pengantar Bisnis Moderen : Pengantar Ekonomi Perusahan Moderen “Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta. 2000.

ww.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats