EKSISTENSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) MITRA ABADI SEJAHTERA DESA BINAI KECAMATAN TANJUNG PALAS TIMUR KABUPATEN BULUNGAN

Masruri Masruri, Kartini Maharani Abdul

Abstract


Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan dapat menjadi wadah dan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan taraf hidup masyarakat desa dari segi ekonomi khususnya. Hampir tiap-tiap desa memiliki Badan Usaha Milik Desa, yang disinyalir keberadaannya hanya sekedar “Nama” tanpa aktivitas dan tanpa pengelolaan yang jelas. Keberadaan BUMDes di Kabupaten Bulungan, yaitu salah satunya yang terletak di Desa Binai dengan Nama BUMDes Mitra Abadi Sejahtera, yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution) yang lebih berpihak pada kepentingan masyarakat dan mencari keuntungan. Berdasarkan pada semangat awal didirikannya BUMDes di Desa Binai memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai  antara lain pertama, meningkatkan pendapatan asli desa untuk menunjang penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan serta pelayanan masyarakat. Kedua, mengembanngkan potensi perekonomian di wilayah pedesaan untuk mewujudkan kelembagaan dan tangguh dalam memberikan pelayanan kepada kebutuhan masyarakat. ketiga, mengentaskan kemiskinan. Keempat, menciptakan lapangan kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Eksistensi BUMDes di Desa Binai Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan, dan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian tujuan dan sejauh mana manfaat yang dirasakan masyarakat setempat atas keberadaan BUMDes dimaksud serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan metode analisis kualitatif, atau lazim disebut dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Pada Pendekatan ini penulis akan menggali dan menyajikan gambaran secara mendalam tentang kondisi nyata  atau proses yang terjadi dan diteliti. Penelitian dilaksanakan di Desa Binai, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Dalam pengumpulan data penulis akan mengunjungi masyarakat umum secara langsung, Pengelola BUMDes, Pemerintah Desa dan stakeholder lainnya (baik Pemerintah maupun Swasta) yang secara langsung berkaitan dan memiliki kepentingan dengan BUMDes tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.


Keywords


Eksistensi & Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Abadi Sejahtera.

Full Text:

PDF

References


Anonym, 2004. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Tentang Pemerintahan Daerah.

Abidin, Zainal.2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad.

Anonym, 2014. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5495.

Anonym, 2014. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5587.

Dapartemen Pendidikan Nasional, 2007. Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKDSP). Fakultas Ekonomi, Universitas Brawijaya.

Harmiati dan Abdul Aziz Zulhakim, 2013. Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mengembangkan usaha dan ekonomi Masyarakat Desa yang berdaya saing di era MEA, http://setnas- asean.id/site/uploads/document/journals/file/59b0f03a8a119-14-cluster-ekonomi-unihaz.pdf tanggal 10 Agustus 2019, Jam 11.22 Wita.

Nofiratullah, 2018. Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Soki Kecamatan Belo Kabupaten Bima. http://etheses.uin-malang.ac.id/11809/ pada tanggal 10 Agustus 2019, pukul 11.30 Wita.

Ferdianto. Benny, 2016. Eksistensi Badan Usaha Milik Desa Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Desa Di Tiyuh Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. http://digilib.unila.ac.id/view/creators/BENNY_FERDIANTO=3A1212011068=3A=3A.html pada tanggal 12 Agustus 2019 pukul 15.00 Wita.

Idrus. Muhammad, 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial – Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Edisi Kedua, Erlangga, Yogyakarta.

Sugiono, 2012. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ke-21 ISBN : 978-979- 8433-10-8. Bandung : Penerbit CV. ALFABETA.

Miles, Mathew B. Michael Huberman dan Johnny Saldana, 2014. Qualitative Data Analysis-Third Edition, London, Sage Publication Ltd.

Sutoro, Eko. 2014. Desa Membangun Indonesia. Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD). Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats