AKTIVITAS EKONOMI UKM DALAM RANGKA MENJAGA KETAHANAN PANGAN MASA PANDEMIC COVID-19 DI KALIMANTAN TENGAH
Abstract
Penelitian terkait usaha kecil menengah dalam menjaga stabilitas ekonomi dengan berbagai strategi sangat mendukung usaha berkelanjutan di provinsi Kalimantan Tengah, merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya local dan mempertahankan ketahanan pangan di bidang usaha makanan. Pada bidang ekonomi pembangunan aktivitas ekonomi usaha makanan olahan yang dibudidaya dan dikembangkan perlu adanya inovasi, knowledge sharing dalam pengelolaan sumber daya manusia yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pada usaha profit, dengan secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan pada 350 pelaku usaha makanan hasil olahan, yang bertujuan agar usaha tetap berkesinambungan dengan menerapkan kegiatan inovasi dan knowledge sharing sebagai aktivitas ekonomi untuk pengelolaan sumber daya dan menjaga ketahanan pangan masyarakat dan bisnis lebih baik serta berdampak positif untuk meningkatkan profitabilitas. Hasil penelitian dilakukan secara kuantitatif dan di analisis dengan program SPSS 24.0 menunjukkan bahwa 70,8%, artinya kegiatan inovasi dan knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan mendukung usaha meningkatkan profitabilitas yang berdampak pada keberlanjutan usaha. Implikasi penelitian adalah mengelola sumber daya untuk bersinergi dalam aktivitas ekonomi UKM dalam membantu serta mendukung ketahanan pangan masyarakat di masa pandemic dan usaha dapat berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darung, F., & Kristinae, V. (2020). Arsitektur Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ukm Makanan Kecil Pada Masa Covid-19 Di Kalimantan Tengah. MEDIA BINA ILMIAH, 15(1), 3815-3822.
Negara, D. J., & Kristinae, V. (2019). Pengaruh Teknologi dan Inovasi dalam Persaingan Traditional Food di Kalimantan Tengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(1), 45-52.
Resmi, G. G. (2015). Membangun Ketahanan Pangan Melalui Penguatan UMKM Berbasis Pangan Lokal.
Perdana, A. T., Widiawati, D., Wardyaningrum, D., & Syariful, S. (2019, December). SOSIALISASI DAN EDUKASI LABEL PANGAN PADA PEDAGANG ANGGOTA PAGUYUBAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) RADEN PATAH. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Wahyuni, N. M. (2019). Efek kompetensi menghasilkan pengetahuan sebagai mediasi pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi UKM tekstil di Bali. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 119-132.
Ramadaniati, F., & Lestari, D. (2020). Pengaruh inovasi pemasaran dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran syariah (studi empiris pada ukm amplang di Samarinda). Jurnal Ilmu Ekonomi Mulawarman (JIEM), 4(4).
Putri, M. A. L., Yasa, N. N. K., & Giantari, I. K. (2018). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UKM Kerajinan Endek Di Kabupaten Klungkung. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(4), 522-534.
Irawan, A. H., Erawati, M., & Hadi, S. (2019). The Analysis of Determinant Factors on Economic Growth and Work Opportunities in Central Kalimantan Province. International Management Journal January–June 2019, 17.
Kristinae, V., Wardana, I., Giantari, I., & Rahyuda, A. (2020). The role of powerful business strategy on value innovation capabilities to improve marketing performance during the COVID-19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 8(4), 675-684.
Christa, U., & Kristinae, V. (2021). The effect of product innovation on business performance during COVID 19 pandemic. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 151-158.
Peridawaty, P., & Kristinae, V. (2020). Peran Penting Lingkungan Kerja Dan Manajemen Inovasi Meningkatkan Profitabilitas Usaha Kerajinan Rotan Di Kalimantan Tengah. MEDIA BINA ILMIAH, 15(3), 4145-4152.
Peridawaty, P., Toendan, R., & Wenthe, I. (2021). The effects of entrepreneurial orientation and organizational learning on marketing capability in supply chain management. Uncertain Supply Chain Management, 9(1), 21-30.
Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). DAMPAK KREATIVITAS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UKM DI KOTA SEMARANG. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69-77.
Alliyah, S., & Nurhidayati, A. (2019). Pengaruh Knowledge Sharing terhadap Kinerja Bisnis Melalui Inovasi. RESEARCH FAIR UNISRI, 3(1).
Setini, M., Yasa, N. N. K., Gede Supartha, I. W., Ketut Giantari, I., & Rajiani, I. (2020). The passway of women entrepreneurship: Starting from social capital with open innovation, through to knowledge sharing and innovative performance. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(2), 25.
Ushud, A. A. A., Novita, I., & Subandi, S. (2020). PELATIHAN PEMASARAN EKSPOR MELALUI INTERNET BAGI UKM DI KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 184-189.
Utami, Y., Rofik, M., Cahyaningtyas, N. W., & Darminto, D. P. (2020, July). Impact of Knowledge Sharing and Innovation on Small Business Performance. In Conference on Complex, Intelligent, and Software Intensive Systems (pp. 408-411). Springer, Cham.
Kristinae, V., & Sahay, M. (2019). Pengaruh social media, learning orientation dan market orientation terhadap marketing capabilities UKM kerupuk ikan saluang di Kalimantan Tengah. Media Bina Ilmiah, 14(2), 1959-1966.
Riana, I. G. (2020). Creating performance through innovations influenced by knowledge sharing and absorption capacity at the Bali weaving industry association. Research Journal of Textile and Apparel.
Isa, M. (2020). Strategi Penguatan Dayang Saing UKM dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan di Daerah Rawan Banjir. Proceeding of The URECOL, 270-278.
Fitriany, F., Brasit, N., Nursyamsi, I., & Kadir, N. (2020). The Influence of Entrepreneur Insight, Market Orientation, Knowledge-Sharing Capabilities, on the Performance and Competitiveness of SMEs in Makassar Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(7), 392-411.
Nahan, N., & Kristinae, V. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENDUKUNG KINERJA BISNIS ONLINE MAHASISWA FEB UPR DI KALIMANTAN TENGAH. MEDIA BINA ILMIAH, 15(5), 4529-4536.
Laraswati, L. (2020). Pengaruh Luasnya Kreativitas Bersama Terhadap Kinerja Inovasi Melalui Inovasi Produk Dan Berbagi Pengetahuan Sebagai Variabel Mediasi “Studi Kasus Pada UKM Kerajinan Perak Di Daerah Kotagede Yogyakarta” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Laily, N., & Ernawati, D. P. (2020). The Effect of Knowledge Sharing and Innovation Behavior on The Performance of Batik Entrepreneurs. Jurnal Manajemen, 24(2), 194-209.
Karuehni, I., & Peridawaty, P. (2020). Manajemen Strategik dengan Orientasi Pasar dan Orientasi Belajar pada Kinerja Inovasi Rumah Batik Bahalap. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), 156-165.
Vargo, S. L., Lusch, R. F., & Koskela-Huotari, K. (Eds.). (2018). The SAGE handbook of service-dominant logic. Sage
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats