PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (ADD) DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN PEDESAAN PADA DESA NANGANESA

Apriana Marselina, Yulita Londa, Nuraini Ismail

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban Alokasi Dana Desa (ADD) yang didasarkan pada aturan yang berlaku. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini  yaitu data penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Nanganesa dan Desa Manulondo Kecamatan Ndona Kabupaten Ende dari tahun 2015-2019 dan data mengenai proses perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa dalam menunjang pembangunan desa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Tahap perencanaan sudah melaksanakan prinsip transparansi, responsif dan partisipatif untuk mencerminkan prinsip akuntabel tercermin di dalam musrenbangdes. Tahap pelaksanaan dalam pengelolaan dana ADD di Desa Manulondo dan Nanganesa kurang  mencerminkan prinsip akuntabilitas yang telah dibangun, dan kurangnya partisipasi dari masyarakat dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan pedesaan. Tahap pertanggungjawaban terintegrasi di dalam APBDes dan bentuk kegiatan fisik yang diberikan kepada masyarakatsecara transparan dan akuntabel. Tahap pengawasan dan evaluasi memberikan kunci dari seluruh kegiatan pengelolaan dana sehingga memberikan kepercayaan yang lebih pada masyarakat karena Pemerintah Desa memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk ikut serta dalam melaksanakan pengawasan dan evaluasi pengelolaan dana Alokasi Dana Desa.


Keywords


Alokasi Dana Desa & Pembangunan Pedesaaan

Full Text:

PDF

References


P. R. Indonesia, "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," Kementerian Sekretariat Negara RI, 2014.

S. Nur Wijayanti, "Hubungan Antara Pusat dan Daerah Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014," Jurnal Media Hukum, vol. 23, no. 2, 2017.

P. Pemerintah, "Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005," Statewide Agricultural Land Use Baseline , vol. 1, no. 1, 2015.

M. Z. Abidin, "Tinjauan atas pelaksanaan keuangan desa dalam mendukung kebijakan dana desa," Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, vol. 6, no. 1, 2015.

C. d. Wulandari, "KESIAPAN DAERAH DALAM IMPLEMENTASIKAN PROGRAM PERHUTANAN SOSIAL PASCA TERBITNYA UU 23/2014 TENTANG PEMERINTAHAN DAERAH," RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN, 2017.

P. A. S. S. K. W. M. A. Putra, "Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Bubunan, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng," vol. 8(2), 2017.

D. Kurniawan, "Strategi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi," Ekonomi, 2007.

S. d. A Kadir, "Dinamika Sosial Terhadap Rencana Pembangunan Bandara di Desa Tonggurambang Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur," Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 7, no. 1, 2019.

A. A. d. Fathony, "PENGARUH ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA LANGONSARI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN," PENGARUH ALOKASI DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA LANGONSARI KECAMATAN PAMEUNGPEUK KABUPATEN, vol. 10, no. 3, 2019.

K. M. L. B. S. d. Isnayanti, "DAMPAK AKUNTABILITAS PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (Studi kasus Desa Jagaraga)," Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, vol. 7, no. 2, 2019.

S. Lestari, "Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Banyudono)," 2017.

H. N. Drajat Tri Kartono, "Konsep dan Teori Pembangunan Dr.," 2016.

M. Khusaini, "DESENTRALISASI FISKAL DAN MANAJEMEN ANGGARAN DAERAH: STUDI DI JAWA TIMUR," vol. 1, no. 1, 2007.

A. Suharsimi, "Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi)," Rineka Cipta, 2010.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i10.1074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats