IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATA KELOLA GURU PNS PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DALAM RANGKA PENYEDIAAN GURU SECARA MERATA DI KABUPATEN MALANG

Lilis Widyawati Dwi Lestari, Bernardus Yuliart Nugroho

Abstract


Pendidikan merupakan faktor yang penting dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Keberhasilan dalam menciptakan SDM berkualitas sangat dipengaruhi oleh ketersediaan guru baik secara kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan tata kelola guru pada tingkat Sekolah Dasar khususnya terkait dengan penyediaan guru dan distribusi guru secara merata, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan tersebut. Data diperoleh melalui wawancara dan studi literatur. Hasilnya menunjukkan bahwa kebijakan tata kelola guru dalam rangka penyediaan guru secara merata masih belum berjalan dengan baik karena banyaknya guru PNS yang pensiun tidak diimbangi dengan rekrutmen guru PNS yang memadai, adanya keterbatasan anggaran dan terbatasnya kuota rekrutmen CPNS. Faktor yang paling berpengaruh dalam implementasi kebijakan tata kelola guru ini adalah tingkat perubahan yang diharapkan dan letak pengambilan keputusan yang terkait dengan faktor konten kebijakan, sedangkan terkait faktor konteks implementasi kebijakan, yang paling berpengaruh adalah strategi aktor yang terlibat.


Keywords


Implementasi, Kebijakan, Tata Kelola Guru & Guru

Full Text:

PDF

References


Akiba, Motoko. (2017). Editor’s Introduction: Understanding Cross-National Differences in Globalized Teacher Reforms. Educational Researcher, 46 (4), 153-168.

Ali, Muhammad. (2017). Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Governance di Indonesia. Malang: UB Press.

Boyd, Donald J., Grossman, P. L., Lankford, H., Loeb, S., Wyckoff, J. (2009). Teacher Preparation and Student Achievement. Educational Evaluation and Policy Analysis, 31 (4), 416-440.

Chhotray, Vasudha & Stoker, Gerry. (2009). Governance Theory and Practice: A Cross-Disciplinary Approach. Hampshire, New York: Palgrave Macmillan.

Cresswell, John W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunkin, M. J. (1987). The International Encyclopedia of Teaching and Teacher Education. Oxford: Pergamon Press.

Dunn, William. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Terjemahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fukuyama, Francis. (2013). What is Governance?. Governance, 26 (3), 347-368.

Grindle, Merilee S. (1980). Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey: Princeton University Press.

Ilfiyah, Aisy, Hendry, F., Rasiki, R., Yudhistira, R. (2015). Kegagalan Pemerataan Guru: Evaluasi SKB 5 Menteri tahun 2011 tentang Penataan dan Pemerataan Guru PNS di Indonesia. Jakarta: Indonesia Corruption Watch.

Indrajit, Richardus, Eko. (2013). Manajemen dan Governance. Ekoji999 No. 266.

Ingvarson, L. & Rowley, G. (2017). Quality Assurance in Teacher Education Outcomes: A stury of 17 Countries. Educational Researcher, 46 (4), 177, -193.

Jamil, Ishtiaq, Aminuzzaman, Salahuddin, M., and Haque, Sk, T. M. (2015). Governance in South, Southeast and East Asia: Trends, Issues and Challenges, Volume 15. Cham: Springer.

Kooiman, Jan. (1993). Modern Governance: New Government-Society Interactions. London, Thousand Oaks, New Delhi: Sage.

Loeb, Susanna, Kalogrides, Demetra & Beteille, Tara. (2012). Effective Schools: Teacher Hiring, Assignment, Development and Retention. Education Finance and Policy, 7 (3), 269-304.

Lukviarman, Niki. (2016). Corporate Governance: Menuju Penguatan Konseptual dan Implementasi di Indonesia. Jakarta: Era Adicitra Intermedia.

Mazmanian, D.A dan Sabatier, P.A. (1983). Implementation of Public Policy: A Framework of Analysis. Glenview Il: Scott Foresman.

Moleong, Lexy, J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novita, Mila, Wijaya, Chandra dan Atmoko, Andreo W. (2020). Dynamic of Indonesian Teacher Distribution Policies Implementation at Regional Level. Journal of Education & Social Policy, 7 (1), 130-139.

Novita, Mila. (2019). Dinamika Implementasi Kebijakan tentang Tata Kelola Guru. Disertasi Pasca Sarjana Universitas Indonesia, tidak diterbitkan.

Nugroho, Riant. (2012). Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru.

Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2008 tentang Guru.

republika.co.id. (2019). PGRI: Indonesia kekurangan 1,1 Juta Guru. https://republika.co.id/berita/pxmknp384/pgri-indonesia-kekurangan-11-juta-guru.

Rice, Jennifer K. (2008). From Highly Qualified to High Qaulity: An Imperative for Policy and Research to Recast the Teacher Mold. Education Finance and Policy, 3 (2), 151-164.

Rice, Jennifer K. (2013). Learning from Experience? Evidence on the Impact and Distribution of Teacher Experience and the Implications for Teacher Policy. Education Finance and Policy, 8 (3), 332-348.

Schleicher, A. (2011). Building a High-Quality Teaching Profession: Lessons from around the World, International Summit on the Teaching Profession. Paris: OECD Publishing.

Sutiyono, Wahyu, Pramusinto, Agus dan Prasojo, Eko. (2018). Introduction the Mini Special Issue: Understanding Governance in Indonesia. Policy Study, 39 (6), 581-588.

Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wahab, Solichin A. (1990). Pengantar Analisis Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, A., Muri (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i10.1106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats