PENGENDALIAN NILAI Ec DAN pH PADA NUTRISI SELADA (Lactuca Sativa L) HIDROPONIK NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE) DI PT HIDROPONIK AGROFARM BANDUNGAN

Adi Rastono, Widyasha Kusuma Nirmala

Abstract


Selada adalah tanaman sayuran yang tergolong dalam famili Asteraceae yang dapat tumbuh pada ketinggian minimum 300 mdpl. Selada dapat dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). Hidroponik NFT (Nutrient Film Technique adalah budidaya tanaman tanpa tanah, dimana akar tanaman berada dalam aliran air yang dangkal bersirkulasi dan mengandung unsur yang diperlukan tanaman. Faktor  keberhasilan yang mempengaruhi budidaya selada (Lactuca sativa L) pada sistem hidroponik adalah nutrisi yang berkaitan dengan nilai EC dan pH. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalian nilai EC dan pH Serta Mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai EC dan pH pada nutrisi selada (Lactuca sativa L.) hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) di PT Hidroponik Agrofarm Bandungan. Metode yang digunakan dalam Penelitian adalah pengukuran dan pengendalian nilai EC, pengukuran dan pengendalian nilai pH, pengukuran suhu dan pengukuran intensitas cahaya. Nilai EC dan pH dipengaruhi oleh suhu dan intensitas cahaya. Hasil pengukuran nilai EC dan pH mengalami fluktuatif setiap minggunya sedangkan suhu dan intensitas cahaya mengalami peningkatan. Pengendalian nilai EC dilakukan dengan pemberian nutrisi dan pengendalian nilai pH dilakukan dengan penambahan asam nitrat

Keywords


Hidroponik, NFT, EC & pH

Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik. 2014. Produksi sayuran di Indonesia tahun 2014. [Internet]: Diunduh di http://www.bps.go.id.

Binaraesa NNPC, Sutan SM, Ahmad AM. 2016. Nilai EC (electro conductivity) berdasarkan umur tanaman selada daun hijau (Lactuca sativa L.) dengan sistem hidroponik NFT (nutrient film technique). J. Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. 4(1): 65-74.

Cahyono B. 2014. Teknik Budidaya Daya dan Analisis Usaha Tani Selada. Semarang [ID]: Aneka Ilmu.

Dyka TMP. 2018. Pengendalian ph dan ec pada larutan nutrisi hidroponik tomat ceri. [tugas akhir]. Surabaya [ID]. Stikom Surabaya.

Eprianda D. 2017. Efisiensi teknis dan analisis risiko budidaya selada keriting hijau dan selada romaine hidroponik NFT (nutrient film technique) di PT XYZ provinsi Jawa Barat. [Skripsi]. Lampung [ID]. Universitas Lampung Bandar Lampung.

Frasetya B, Taofik A, Riki K. Firdaus. 2018. Evaluasi variasi nilai electrical conductivity terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.) pada sistem NFT. J. Agro 5(2). UIN Sunan Gunung Djati.

Ginting C. 2010. Analisis pertumbuhan selada (Lactuca sativa) dibudidayakan secara hidroponik pada musim kemarau dan penghujan. J. Agriplus. 20 (1): 1-8.

Hayati NR, Pienyani Y, Fitriadi N, Hanafi. 2017. Kajian penggunaan nutrisi anorganik terhadap pertumbuhan kangkung (Ipomoea reptans poir) hidroponik sistem wick. J. Daun. 4(2): 75-81.

Kaleka N. 2019. Budidaya Sayuran Hijau Untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga. Yogyakarta [ID]: Pustaka Baru

Muttaqin D. 2014. Pengaruh Metode Sdl Melalui Kegiatan Vertikultur Terhadapa Kemampuan Pertanian Tunagrahita. [Skripsi]. Surabaya [ID]. Universitas Negeri Surabaya

Myrna EFN, Lestari AP. 2010. Peningkatan Efisiensi Konversi Energi Matahari pada Pertanaman Kedele Melalui Penanaman Jagung dengan Jarak Tanam Berbeda. J. Penelitian Universitas Jambi Seri Sains. 12 (2): 49-54.

Prastyo R. 2018. Rancang bangun sistem monitoring dan controlling nutrisi tanaman untuk hidroponik. [Skripsi]. Bogor [ID]. Institut Pertanian Bogor.

Rosliani R, Sumarni N. 2005. Budidaya Tanaman Sayuran dengan Sistem Hidroponik. Lembang [ID]: Balai Penelitian Tanaman Sayuran.

Siregar J, Triyono S, Suhandy D. 2015. Pengujian beberapa nutrisi hidroponik pada selada (Lactuca sativa L.) dengan teknologi hidroponik sistem terapung (THST) termodifikasi. J. Teknik Pertanian. 4(2): 65-72.

Sudarmodjo. 2018. Hidroponik. Bogor [ID]: Parung Farm.

Supriati Y, Herliana E. 2014. 15 Sayuran Organik Dalam Pot. Jakarta [ID]: Penebar Swadaya.

Sutiyoso Y. 2006. Hidroponik Ala Yos. Jakarta [ID]: Penebar Swadaya.

Syariefa E, Duryatmi S, Angkasa S, Apriyanti RN, Raharjo AA, Rizkika K, Rahimah DS, Titisari A, Setyawan B, Vebriansyah R, Fadhilah R, NugrohoH, Awaluddin M. 2014. Hidroponik Praktis. Jakarta [ID]: PT Trubus Swadaya.

Wahyuniningsih DN. 2007. Karakteristik temperatur dan aliran larutan nutrisi tanaman tomat (lycopersicum esculentum mill) pada sistem hidroponik nutrient film technique (NFT). [Skripsi]. Bogor [ID]. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i7.1124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats