INOVASI WIRAUSAHAWAN TOUR & TRAVEL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MATARAM
Abstract
Kebijakan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona melalui berbagai asfek membuat wabah corona ini telah banyak membuat perubahan bagi masyarakat bumi baik dari asfek wisata, hiburan, social, pendidikan, ekonomi ataupun politik. Industri pariwisata sebagai industri yang melibatkan manusia sebagai komoditas utamanya. Secara sadar ataupun tidak, maskapai penerbangan, hotel, restoran, dan agen perjalanan yang mengandalkan pendapatan mereka dari turis mengalami krisis akibat penyebaran virus corona. Perusahaan tour & travel yang ada di Mataram diharapkan sebagai ujung tombak untuk mendatangkan wisatawan sesuai dengan target yang telah ditetapkan diharapkan mampu bertahan dan berinovasi di atas serangan badai virus corona, oleh karena itu inovasi dalam usaha harus dapat digerakkan dengan cepat dan penuh kreasi sehingga dapat bangkit dan membangun pariwisata dan perusahaannya dengan segera. Bagi pelakunya, inovasi bukan lagi pilihan di persimpangan. Inovasi adalah tentang kejelian melihat kemungkinan. Keberanian menjalani ketidakpastian. Untuk mewujudkan kemahakaryaan. Bagi pelakunya, inovasi bukan sekedar urusan keuntungan, apalagi sekedar perbaikan demi mengejar ketertinggalan. Inovasi berarti senantiasa menjadi relevan yang dibanggakan di segala zaman. Febransyah (2016. 11). Telah banyak penelitian yang dilakukan mengenai inovasi wirausahawan, namun terkait dengan wabah Covid-19 dan travel baru ini dilakukan. Oleh karena itu Peneliti tertarik untuk menganalisa permasalahan tersebut dengan judul Inovasi Wirausahawan Tour & Travel Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mataram. Permasalahan penelitian ini yaitu, Apa dampak dan apa Inovasi wirusahawan Tour & Travel di Mataram pada masa Covid-19?. Manfaatnya yaitu: Manfaat teoritis yaitu untuk pengembangan ilmu pengetahuan tentang inovasi wirausahawan Tour & Travel dan manfaat kelembagaan yaitu dapat dijadikan rujukan dalam pembelajaran inovasi wirausahawan serta menjadi acuan perusahaan yang sejenis atau yang lainnya dalam berinovasi. Hasil penelitian ini yaitu dampak Covid-19 terhadap perusahaan Tour & Travel yaitu, hancurnya atau berantakan usaha travel, kerugian total secara finansial, merumahkan karyawan, menurunkan gaji karyawan, freezing moment, dan offering asset. Usaha-usaha yang dijalankan oleh pengusaha Tour & Travel terkait dengan bidang travel yaitu: membuat paket-paket baru seperti oneday tour, promosi menggunakan media social ataupun website, tetap promosi melalui media social kepada wisatawan local Lombok, melakukan promosi live video dengan mengujungi destinasi melalui media facebook ataupun instagram, menyewakan kendaraan kepada instansi pemerintah, dan kontrak kendaraan dengan supir. Kemudian usaha-usaha yang dijalankan selain usaha di bidang Tour & Travel sebagai upaya untuk menambah penghasilan lain yaitu: usaha kuliner, jualan buah apel ataupun jeruk, jualan kopi, usaha penitipan atau antar jemput barang seperti JNE, mengembangkan hotel, dan mengembankan vila. Inovasi Wirusahawan yang dijalankan oleh pengusaha Tour & Travel yaitu Bus kopi, Virtual Tour dan Marketplace travel
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade Febransyah 2016. 50/50 Belajar Inovasi untuk menang. Gramedia
Al-khowarizmi Ryadu dkk., tentang Kemampuan Inovasi Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Produk IMK Sektor Industri Makanan di Kota Denpasar tahun 2016.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Daryanto Aris Dwi Cahyono: Kewirausahaan (Penanaman Jiwa Kewirausahaan) Gava Media: 2013)
Endang Sri Wahyuni dkk. tentang Inovasi Sistem Digital pada Biro Perjalanan di Lombok dan Yogyakarta tahun 2019.
Endang Sri Wahyuni dkk. tentang Peranan Biro Perjalanan Wisata dalam Mengembangkan Wisata Halal Di Lombok Tengah Dan Lombok Barat tahun 2017.
Ernani Hidayti (Universitas Gajayanan Malang 2012) berjudul Kreativitas dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan Pada Usaha Kecil.
Farid, dkk. Dampak Gempa Bumi Terhadap Kunjungan Wisatawan ke Nusa Tenggara Barat Tahun 2018. Jurnal PPL.
Georgelllis, Y, Joyce P. and Woods, A, 2001. Entrepeneurial Action, Innovation and Enterprise Development. Journal SMEs of Entrepreneurship, Vol.6 No.2
Giovani Herman dkk dengan judul Pengaruh Penguasaan Akuntansi dan Inovasi Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Jasa Di Kota Manado (Studi Pada Biro Perjalanan Travel Di Kota Manado).
Hills, Gerald, 2008. Marketing and Entrepreneurship, Research Ideas and Opportunities. Journal SMEs of Research
Irim Rismi Hastyorini & Kartika Sari; KEWIRAUSAHAAN Jalan Keluar Ketidakpastian; 2019. Cempaka Putih.
Keeh, Hean Tat, Nguyen, Mai, Ping, 2007. The Effects of Entrepreneurial Orientation and Marketing Informationon the Performance of SMEs. Journal of Bussines Venturing, Juli. Vol.22, Issue 4, P.592-611
Leslie Pockell & Adrienne Avila: Prinsip-prinsip Bisnis Terhebat sepanjang Masa 2010. PT Ufuk Publising House
Lestari, Baroroh dkk. Praktik Manajemen Pengetahuan Dan Kinerja Inovasi; 2013. UB Press
Nur Firdaus tentang Pengentasan Kemiskinan Melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial 2014.
Renita Helia Dkk., tentang Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo) 2015.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA.
Suryana, 2003. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menunju Sukses, Edisi Revisi, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.
https://covid19.go.id/.
https://www.kemkes.go.id/.
https://www.bps.go.id/
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i12.1158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats