THE INFLUENCE OF TAX STRATEGY ON TAX AWARENESS THROUGH SILENCE EDUCATION IN THE MSME SECTOR

Abdul Hamid, Juwita Sari, Tri Wahjoedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Perpajakan mempengaruhi Kesadaran Perpajakan di sektor UMKM melalui Edukasi Keheningan yang dihubungkan tanpa disadari oleh pengusaha UMKM untuk meningkatkan efektivitas penerimaan pajak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis dengan alat analisis statistik dan menghasilkan kesimpulan yang dapat digeneralisasikan. Sampel dalam penelitian ini adalah UMKM pemilik warung di Suncity Mall dan Transmart Sidoarjo. Pengambilan sampel responden dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan kesempatan yang sama bagi setiap elemen populasi untuk dipilih. Alat uji yang digunakan adalah 'Structural Equational Modeling' dengan program perangkat lunak SmartPLS 3. Setelah dilakukan pengujian hipotesis, diperoleh hasil Strategi Perpajakan (X) berpengaruh langsung signifikan terhadap Kesadaran Perpajakan (Y), Strategi Perpajakan (X) berpengaruh langsung signifikan terhadap Edukasi Keheningan (Z), Edukasi Keheningan (Z) memiliki pengaruh langsung signifikan terhadap Kesadaran Perajakan (Y), dan Strategi Perpajakan (X) berpengaruh signifikan terhadap Kesadaran Perpajakan (Y) melalui Edukasi Keheningan (Z).


Keywords


Tax strategy, Tax Awareness, Silence Education & UMKM

Full Text:

PDF

References


A. Hamid and M. Nasih, “Fraud prevention of village funds in East Java Indonesia,” Manag. Sci. Lett., vol. 11, no. 7, pp. 2033–2044, 2021.

B. Ayza, “Pertukaran Informasi Keuangan Secara Otomatis (Automatic Exchange Of Financial Account Information (AEOI) Untuk Kepentingan Perpajakan (Selisik Tentang: Perpu Nomor 1 Tahun 2017),” J. Huk. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 10–35, 2017.

N. K. Muliari and P. E. Setiawan, “Pengaruh persepsi tentang sanksi perpajakan dan kesadaran wajib pajak pada kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 2, 2010.

H. K. S. Negara and D. I. Purnamasari, “THE INFLUENCE OF TAXATION KNOWLEDGE AND TAX AWARENESS ON UMKM TO TAXPAYER COMPLIANCE IN THE SPECIAL PROVINCE OF YOGYAKARTA,” RIMA-Research Manag. Account., vol. 1, no. 2, pp. 85–91, 2018.

C. S. Nasution, “Analisis Potensi Dan Pertumbuhan Penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) Di Indonesia Periode 1990–2000,” Kaji. Ekon. Dan Keuang., vol. 7, no. 2, pp. 59–82, 2003.

A. Wardhana, “Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia,” 2015.

M. T. Febriyantoro and D. Arisandi, “Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 61–76, 2018.

M. Fitrah, Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

J. Nasrudin, Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing, 2019.

V. H. Kristanto, Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish, 2018.

V. Livia, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kesukarelaan, dan Kesiapan Teknologi Informasi Wajib Pajak terhadap Intensitas Perilaku dalam Penggunaan E-Filing oleh Wajib Pajak Orang Pribadi di Wilayah Tangerang.” Universitas Multimedia Nusantara, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i12.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats