STUDI KOMPARASI TENTANG KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI, KEMAMPUAN PENGGUNAAN IT DAN PRODUKTIVITAS KERJA CIVITAS STP MATARAM SEBELUM PANDEMI DAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Fathurrahim Fathurrahim, Putrawan Habibi, Muhamad Jumail, Mahsun Mahsun

Abstract


Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Mataram harus mengikuti rambu2 aturan sesuai Surat Edaran dari Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan sebagai panduan dalam mengantisipasi terhadap penyebaran virus Corona di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi. Oleh karena itu,  maka  pelaksanaan kegiatan akademik dalam masa darurat penyebaran Covid 19 di sekolah maupun di kampus  meniadakan kegiatan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan bekerja dari rumah (WFH) melalui pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan berbagai macam media. Melalui pembelajaran daring mahasiswa dapat belajar seperti biasanya dan tidak akan ketinggalan materi perkuliahan, serta waktu yang lebih fleksibel.  Namun permasalahan yang muncul kemudian adalah bahwa pembelajaran daring ini tidak sepenuhnya disambut baik oleh para mahasiswa, karena ada sebagian mahasiswa yang menganggap pembelajaran daring ini lebih menyulitkan dibandingkan dengan pembelajaran biasa, belum lagi kuota internet harus tersedia dan ini adalah kesulitan terbesar yang dialami mahasiswa, kendala pada jaringan, ketersediaan perangkat pembelajaran seperti  laptop, tingkat pemahaman materi yang dirasa lebih baik jika melakukan kuliah tatap muka, dan juga tidak semua dosen dan mahasiswa siap mengoperasikan sistem pembelajaran daring dengan cepat, termasuk juga mempersiapkan bahan perkuliahan secara digital. Berdasarkan beberapa rasional diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar mandiri, kemampuan penggunaan IT dan produktivitas kerja perguruan tinggi terutama dari unsur Dosen maupun Mahasiswa dalam rangka Work From Home (WFH) pada masa pandemi Covid 19.


Keywords


Kemampuan Belajar Mandiri, Kemampuan Penggunaan IT, Produktivitas Kerja, Pandemi COVID 19.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education. Vol 1 (1): 131-146.

Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dimyati dan Mudjiono,1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, cet 1, hlm. 157.

Dwi. C, Briliannur, dkk. 2020. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 (1): 28-37.

asibuan, S.P Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset

Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni. 2013. Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri; Self Motivated Learning. Surakarta: UNS Press.

Rosali, Ely Satiyasih. 2020. Aktifitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE). Vol 1 (1): 22-30.

Sadikin, Ali dan Arfeni Hamidah. 2020 Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 6 (02): 214-224.

Sarwono, Jonathan dan Herlina Budiono. 2012. Statistik Terapan: Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan SPSS, AMOS dan Excel. Jakarta. Gramedia.

Siagian, P. Sondang. 2005. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.

Sedarmayanti. (2004), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sukandarrumidi. 2002. Metode Penelitian. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 57 tahun 2020 tentang Perubahan Keempat atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid – 19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sutrisno. 2009. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta.

Wulandari, I Gusti Agung Ayu dan Gusti Ngurah Sastra Agustika. 2020. Dramatik Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Vol 8 (3): 515-526.

Zimmerman, B. J. 1989. Models of self-regulated learning and academic achievement. In B. J. Zimmerman & D. H. Schunk (Eds.), Self-regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice (pp. 1-25). New York: Springer.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats