PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH UMUM NEGERI (Studi di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Mataram)

Hully Hully, Irwan Irwan, Nada Nazopah

Abstract


Abstrak

Tulisan ini mengakaji masalah pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah umum. Dengan mengedepankan nilai-nilai agama, budaya dan sosial di sekolah, peserta didik dapat memiliki pemahaman agama, keberagaman dan perbedaan dalam hidup. Pentingnya multikultural diajarkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah umum, terlebih diera globalisasi yang ditandai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak positif dalam kehidupan. Namun disi lain kemajuan tersebut memberikan dampak negatif dalam kehidupan peserta didik.. Terjadinya sikap exklusif dan minimnya pemahaman tentang perbedaan, keberagaman, toleransi dan nilai-nilai agama dalam kehidupan peserta didik, menyebabkan terjadinya nilai-nilai multikultural di sekolah menjadi luntur dan hilang. Selain itu, pengaruh globalisasi setidaknya telah merusak watak dan karakter anak didik yang cenderung mengabaikan nilai-nilai keberagaman (kultur) dan toleransi di lingkungan sekolah, sehingga tujuan ideal pendidikan membentuk anak didik yang cerdas dan terampil, religious, berbudaya tidak tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari informen dengan memberikan sejumlah pertanyaan (kuesioner) kepada informen dan data sekunder dari berbagai referensi yang relevan sehingga memiliki nilai keilmiahan dan catatan penting lainnya dari instansi terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara logis, sistematis yang meliputi tiga tahap yaitu data reduction,data display, conclusion drawing. Hasil penelitian ini adalah pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menegah Atas ini tidak lepas dari buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai rujukan dan sumber bacaan bagi guru dalam mengajar dan mendidik tentang pentingnya perbedaan atau keberagaman (multikultur) dalam hidup. Pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menegah Atas ini seperti pentingnya sikap inklusif,  toleransi, kesamaan, persatuan, kekerabatan, dan persaudaraan dan keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan serta berbagai pendekatan. Selain itu juga kemampuan dan pemahaman guru tentang pendidikan multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menegah Atas ini menjadi kunci keberhasilam penananaman nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah ini, sebab konsep pendidikan multikulturalisme adalah adanya pengakuan dan saling keberterimaan, toleran, inklusif, kerukunan, kejujuran dan saling menghargai dalam pembedaan

Keywords


Multikultural, Pembelajaran, Pendidikan, Agama, Islam

Full Text:

PDF

References


A. Suradi, Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural di Sekolah, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, 2018.

Abdul Kadir, ddk, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Edu Riligia Vol. 3, 2019.

Abdul Majid, Pendidikan Agama Islam (KBK 2004), Bandung : Remaja Rosda Karya, 2004

Abu Ahmadi dkk., Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Adri Lundeto, Menakar Akar-akar Multikulturalisme Pendidikan di Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam Iqra’, Vol. 11T, Tahun 2017.

Ahmad Tafsir, Imu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya,1992.

Arifin, Ilmu Pendidikan Islam-Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

Asmuri, Pendidikan Multikultural (Telaah Terhadap Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Agama Islam, Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, Juni 2016.

Darajat, Zakiah dkk, Ilmu Pendidikan Islam (IPI), Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000.

Halimatus Sa’diah, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islsm Multikultural, Surabaya: Jakad Media Publishing, 2020.

Hully, Konsep Al-Qur’an dan al-Hadits Tentang Pendidikan Islam Dalam Membentuk Masyarakat Madani, Makalah, Disampaikan pada Diskusi Mata Kuliah Studi Al-Qur’an dan Hadits, Tanggal 8 Oktober 2020.

Ismail, Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum, Jurnal, Forum Tarbiyah Vol. 7, Juni 2009.

Khoirul Huda, Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam, Jurnal Dinamika Penelitian, Vol. 16, November 2016.

Lasijan, Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam, Jurnal TAPIs Vol.10, 2014.

Mahasiswa, Program Doktor Pascasarjana UIN Mataram, Semester I Tahun 2020.

Nur Ainiyah, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum Volume. 13, Juni 2013.

QS. AL-Hujarat Ayat 13.

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.

Sauqi Futaqi, Kapital Multikultural Pesantren, Yogyakarta: Deepublish-CV Budi Utama, 2019.

Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: airlangga, 2005.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats