PROPER AND POLITE ENGLISH PEREMPUAN PEDAGANG CENDERAMATA KAWASAN PARIWISATA KUTA MANDALIKA LOMBOK TENGAH

Primus Gadu, Mahsun Mahsun, Wiwik Nirmala sari

Abstract


Pariwisata berbasis komunitas lokal (Community Based Tourism) memberikan ruang atau kesempatan seluas-luasnya kepada pelibatan perempuan untuk berkarya dan menjalankan peran sebagai agen perubahan dimana pada sektor pariwisata10%-15%; pelayan, administrasi, pemilik usaha, pekerja mandiri dalam bisnis pariwisata adalah perempuan sehingga ketimpangan gender tidak terjadi (UNWTO, 2011). Program PKM Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram ini menyasar kelompok Perempuan Pedagang Cenderamata (Mitra) penggerak ekonomi kreatif dan produktif Kawasan Pariwisata super prioritas Mandalika Kuta Lombok Tengah. Dipilihnya Kawasan ini sebagai locus pelaksanaan PKM didasari pada dua alasan yaitu. Fakta bahwa (1) rendahnya kemampuan mitra menggunakan bahasa Inggris yang tepat dan efektif, sopan, menarik, interaktif, atraktif menarik yang baik dan benar ketika berkomunikasi dengan wisatawan asing, fakta bahwa (2) menurunnya omzet penjualan mitra selama masa pandemic Covid-19 disebabkan rendahnya kemampuan berkomunikasi nonverbal mitra memasarkan produk melalui pasar virtual (online), maka diksi atau penggunaan Bahasa yang tepat dan sopan penting diperhatikan untuk menghadirkan calon pelanggan (domestik maupun mancanegara). Mendasar pada permasalahan mitra, tim pelaksana PKM mengajukan alternatif solusi yaitu pelatihan Bahasa Inggris praktis penguat keterampilan berkomunikasi dengan pendekatan pelatihan bahasa Inggris efektif, sopan, menarik, interaktif, atraktif menarik (English Hospitality proper and polite expressions) dengan target luaran yaitu peningkatan omzet penjualan mitra, publikasi artikel pada jurnal terakreditasi, penguatan pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (attitude) melalui pelatihan dan pendampingan berkelanjutan dari akademisi, pemerintah dan pemerhati pariwisata. Program berkelanjutan yang diharapkan mitra menyangkut hospitality/keramahtamahan melayani pelanggan (aspek psikologi pelayanan), penguatan kebahasaan (aspek komunikasi dan interaksi), penguatan sikap dan jiwa usaha mandiri. Program ini telah terlaksana dengan baik karena rekam jejak (track record) masing-masing pelaksana dimana ketua pelaksana berkualifikasi S2 Linguistik, anggota tim pelaksana pertama S2 Pariwisata, anggota tim pelaksana kedua berkualifikasi S2 Manajemen. Kemudian sebagai pelaksana pembantu 2 orang mahasiswa dilibatkan.


Keywords


Sumber Daya Manusia, Pedagang Cenderamata, English Hospitality, Kawasan Pariwisata Mandalika

Full Text:

PDF

References


Gadu, Mahsun, Jumail. 2017. Kemampuan Berbahasa Inggris Praktis dan Hospitality Pedagang Asong dan Souvenir Kawasan Pariwisata Pantai Kuta dan Selong Belanak Lombok Tengah.Media Bina Ilmiah.I SSN.2615- 3505http://www.lpsdimataram.com.

Mahsun, Bagiastra, Gadu. 2019. Bimtek Manajemen Keuangan Pedagang Cenderamata Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Kuta Lombok Tengah.Hospitality 87.Vol.8 No.2.http://stp-mataram ejournal.id/JHT

Yoges, Sharaha, dan Roopan. Digital Marketing. Department of Computer Science and Engineering, Sri Krishna College of Technology Coimbatore, Tamil Nadu, India, 641042

Yunarni Tri Reinelda, Haris Abdul. Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok.Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.

Terakreditasi Peringkat 5 (No. SK: 85/M/KPT/2020). Vol. 4.No. 3 Juli 2020.p-ISSN: 2598-9944 e- ISSN: 2656-6753

Widaswara Yulita R. 2020. Framing Analysis of Covid-19 News on Social Media Instagram Lombok. Media Bina Ilmiah.Vol.15 No.1 Agustus 2020.ISSN 2615- 3505.http://www.lpsdimataram.com.

Zacharias, J.M, 2015, Strategy Marketing:

Gimmick. Retrieved from http://www.jmzacharias.com/strategi-marketing-gimmick/




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats