ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI AIR SEBAGAI DASAR PENENTUAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA PERUSAHAAN AIR MINUM (PAM) TIRTA MANGKALUKU KOTA PALOPO

Erniyati Caronge, Mursida Mursida, Andi Meriam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi air tahun 2018- 2019 pada perusahaan Air Minum Tirta Mangkaluku Kota Palopo. penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Maret 2021 dengan menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode full costing. Dimana tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui harga pokok produksi air dengan menggunakan metode full costing dan harga pokok produksi air menurut metode perusahaan sehingga dapat mengetahui apakah perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode full costing lebih baik dibandingkan dengan metode perusahaan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan metode full costing, diketahui bahwa harga pokok produksi pada PAM Tirta Mangkaluku Kota Palopo pada tahun 2018-2019 lebih rendah dibandingkan dengan metode perusahaan.


Keywords


Harga Pokok Produksi (Hpp), Full Costing, Variabel Costing

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Firdaus Dunia dan Wasilah Abdullah. 2012. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Agustini Desak Made Dewi, dkk.2015. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dalam Menetapkan Harga Jual Air Minum Pada PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi. Jurnal Akuntansi Vol 7 No 1.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2010. Akuntansi Biaya. Edisi kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bustami, Bastian dan Nurlela. 2013. Akuntansi Biaya. Edisi 4 jakarta: Mitra Wacana Media

Komara Bintang dan Sudarma Ade. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada CV Salwa Meubel. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Mursyidi. 2010. Akuntansi Biaya.

Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Nurhotijah, Yanti. 2017. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Air Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada PDAM Tirta Jaya Mandiri Kabupaten WSukabumi Periode 2015-2016. Bogor: Universitas Pakuan.

Nur Firmansyah, Fery. Penentuan HPP (Harga Pokok Produksi) Dengan Menggunakan Metode Full Costing Dalam Pembuatan Etalase Di Sulkani Putra Semarang. Universitas Dian Nuswantoro.

ingsih, Tri Elia. 2018. Analisis Penetapan Harga Pokok Produksi Sebagai Dasar Penrntuan Harga Jual Krupuk Pada UD Juwadi Jaya Pagu Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Raiborn, A Cecily dan Kinney R Michael. 2011. Akuntansi Biaya, Dasar dan Pengembangan. Edisi Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Rachmi, Anisa. 2018. Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Usaha Bubuk Kopi Sahabat Baru Kota Tuo Kecamatan Sungai Tarab Batusangkar. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (Skirpsi).

Siregar Baldric, dkk. 2014. Akuntansi Biaya, Edisi Dua. Jakarta: Salemba Empat.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriatini Kadek Ayu, dkk. 2017. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Air Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Buleleng. Jurnal ilmiah akuntansi dan humanika Vol 7 No 3 Desember

2017.

Sarnita, 2018. Analisis Harga Pokok Produksi Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Negri Makassar.

Pelealu Alex Johannes Henry, dkk. 2018. Analisis Perhitungan Harga Pokok




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i2.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats