APLIKASI PENDEKATAN SPLINE TRUNCATED DALAM MODEL GWR PADA PENCEMARAN DERAH ALIRAN SUNGAI MAHAKAM

Nadia Serena, Sifriyani Sifriyani, Darnah Darnah

Abstract


Regresi nonparametrik merupakan suatu metode statistika yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel respon dan prediktor yang tidak diketahui bentuk fungsinya, hanya diasumsikan fungsi smooth (mulus) dalam arti termuat dalam suatu ruang fungsi tertentu. Spline Truncated merupakan suatu teknik yang dilakukan untuk mengestimasi parameter dalam regresi nonparametrik. Pada penelitian ini menggunakan regresi nonparametrik spline truncated dalam model geographically weighted regression (GWR), merupakan pengembangan dari regresi nonparametrik yang memperhitungkan faktor geografis atau spasial. Tujuan penelitian adalah aplikasi metode untuk memodelkan data pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Mahakam dan faktor-faktor yang mempengaruhi pencemaran DAS Mahakam berdasarkan model. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 titik lokasi DAS Mahakam. Hasil penelitian diperoleh model terbaik spline truncated dalam GWR dengan R-Square sebesar 99,947 persen, model terbaik dengan nilai GCV Optimum terdapat pada dua titik knot dan fungsi polinomial orde dua. Faktor-faktor yang mempengaruhi pencemaran DAS Mahakam adalah suhu, daya hantar listrik, TSS, DO, konsentrasi NH3N, dan konsentrasi H2S.


Keywords


Regresi Nonparametrik, Spline Truncated, GWR, DAS Mahakam, Pencemaran

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur, 2010, Statistik Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2010, Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur, Samarinda

Sifriyani., Kartiko, S.H., Budiantara I.N., dan Gunardi. 2018. Development of Nonparametric Geographically Weighted Regression Using Truncated Spline Approach. Songklanakarin J, SCi. Technol, 40(4), 909-920.

Sifriyani. 2019. Simultaneous Hypothesis Testing of Multivariable Nonparametric Spline Regression in The GWR Model. International Journal of Statistics and Probability, 8(4). doi: 10.5539/ijsp.v8n4p32.

Eubank, R.L., 1998, Spline Smoothing amd Nonparametric Regression, Marcel Dekker Inc, New York.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i2.1248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats