MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS UNGGULAN MA AL-AMIRIYYAH DI MASA PANDEMI COVID-19

Triana Kartika Santi, Ifa Muhimmatin, Dewi Evri Liana

Abstract


Siswa di kelas unggulan memiliki kemampuan akademik dengan lulus tes potensi. Mereka memiliki minat dan motivasi yang tinggi, memiliki keterampilan lain di bidang non-akademik dan didukung oleh orang tua mereka secara finansial. Absennya pembelajaran tatap muka sejak pandemi Covid-19 menyebabkan siswa MA Al-Amiriyyah mengalami kesulitan belajar karena keterbatasan akses online. Pembelajaran tatap muka di MA Al-Amiriyyah dimulai kembali pada November 2020, dengan durasi 30 menit/mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa biologi kelas unggulan MA Al Amiriyyah pada masa pandemi Covid-19 semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan data menggunakan angket motivasi belajar, wawancara dan dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas unggulan MA Al-Amiriyyah cenderung rendah yaitu sebesar 2,53. Namun rata-rata hasil belajar siswa baik dengan angka 75,4 dan nilai modus 84. Sehingga pandemi COVID-19 menurunkan motivasi belajar siswa tanpa mempengaruhi hasil belajar kelas unggulan MA Al-Amiriyyah. Upaya sekolah untuk meningkatkan motivasi belajar,  dengan cara memprogramkan tutor bimbingan belajar yang ternyata berhasil meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi lebih baik.

Keywords


Motivasi Belajar, Biologi, Siswa Unggulan

Full Text:

PDF

References


Effendi, dkk. 2018. Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titan Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences.

Febriandar, Ika Efi, dkk. 2018. Pengaruh Kreativitas Guru dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual.

Hariatik, dkk. 2017. Pembelajaran Biologi Model Problem Based Learning (PBL) Disertai Dialog Socrates (DS) terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Memecahkan Masalah Kelas X. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Hermawan, Candra. 2013. Perbedaan Motivasi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas RSBI dan Siswa Kelas Reguler SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2010/2011. Repository Universitas Negeri Malang.

Ismaji. 2011. Pengaruh Belajar Tambahan terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Keas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 32 Pekanbaru. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Saputra, Hendra Dani, dkk. 2018. Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi.

Sardiman, A., M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Setiawati, Yuliani dan Sudarto. 2014. Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Unggulan Ditinjau dari Aspek Pemilihan Motivasi Belajar dan Sarana Penunjang Pembelajaran. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Syafa’ati, dkk. 2021. Analisis Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio.

Yuliani, Wiwin. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. IKIP Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats