MEMINIMALISASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MEYENANGKAN DI SMAN 2 LEMBAR

Baiq Wadiah

Abstract


Proses pembelajaran pada umumnya guru sering menggunakan metode ceramah sehingga sering terjadi salah persepsi dari anak didik terhadap konsep yang disampaikan oleh guru. obeservasi awal peneliti menemukan miskonsepsi dalam pembelajaran bimbingan konseling yang dipemahaman siswa bahwa mengikuti pembelajaran bimbingan konseling dianggap siswa bermasalah. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan diadakan penelitian ini adalah   Tujuan Umum, untuk mendapatkan gambaran terhadap pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan PAIKEM oleh guru Bimbingan Konseling  terhadap kualitas pembelajaran Bimbingan Konseling. Tujuan Khusus, untuk menjelaskan cara meminimalisasi miskonsepsi dalam pembelajaran Bimbingan Konseling  di  SMAN 2 Lembar. Dan untuk mengetahui seberapa besar  penerapan pembelajaran aktif Inovatif  kreati efektif dan meyenangkan dapat meminimalisasi miskonsepsi dalam pembelajaran Bimbingan Konseling  di  SMAN 2 Lembar. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, maka pelaksanaanya dilakukan dengan cara bersiklus. Tiap siklus dilakukan perubahan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini disajikan tahapan siklus pelaksanaan tindakan, diantaranya perencanaan, tindakan, obesrvasi dan repleksi. Berdasarkan pembahasan terhadap permasalahan di atas, maka disimpulkan terjadi peningkatan ketuntasan belajar yang signifikan baik secara individu maupun klasikal, yaitu 30 orang siswa telah mencapai target ketuntasan ideal  > 70. Sementara prosentase ketuntasan klasikal mencapai 93.75 %, berarti telah mencapai target pencapaian ketuntasan klasikal, yaitu > 85. maka hipotesis tindakan dinyatakan diterima dan perbaikan pembelajaran dinyatakan tuntas.


Keywords


MEMINIMALISASI MISKONSEPSI DALAM PEMBELAJARAN BIMBINGAN KONSELING

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Kresnadi, Hery, 2007. Pengembangan Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Kaelan, 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta : Paradigma.

Kartono, 2007. Pengembangan Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Kerlinger, FN., 1996, Fondation of Behavioral Research, New York HRW, Inc.

Miles, B Matthew dan Huberman, A Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong, Lexy, J, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi,2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Renika Cipta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats