GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU SD NEGERI 2 BANYU URIP TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018
Abstract
Tujuan yang ingin diketahui dalam penelitian ini sebagai berikut: “Untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatkan motivasi kerja guru SD Negeri 2 Banyu Urip tahun pembelajaran 2017-2018”. Rancangan penelitian ini meliputi 1) Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus; 2) Kegiatan dilaksanakan dalam Semester Ganjil tahun pelajaran 2017-2018; 3) Lama penelitian 6 pekan efektif dilaksanakan mulai 12 Oktober – 16 November 2017; 4)Dalam pelaksanaan tindakan,rancangan dilakukan dalam 3 siklus yang meliputi ; (a) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan sebagai berikut : Pembinaan melalui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan komunikasi interpersonal kepala sekolah memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru, hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman guru terhadap pembinaan yang disampaikan kepala sekolah. hasil pembinaan menunjukan rata-rata motivasi guru meningkat dari siklus I, II, dan III yaitu masing-masing 63,14 % ; 71,11% ; 78,33 % dan kentuntasan pembinaan meningkatkan pada siklus I sebesar 33,33 % meningkat menjadi 71,43 % pada siklus III meningkat menjadi 100 %, ada kenaikan yang sangat signifikan. Maka penelitian dinyatakan dapat meningkatkan motivasi kerja guru secara signifikan dan tuntas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deni Darmawan.2007. Bentuk-bentuk Komunikasi dalam Pembelajaran. Yogjakarta: PT. Rineka Cipta
Dimyati, dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Pawito, dan C Sardjono. 2007. Teori-Teori Komunikasi. Buku Pegangan Kuliah Fisipol Komunikasi Massa S1 Semester IV. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Media Pressindo.
Syah, Muhibin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Ke-1. Bogor: Ghalia Indonesia
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats