UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PIDATO ATAU PRESENTASI MELALUI PENERAPAN MODEL EXAMPLES NONEXAMPLES SISWA KELAS VI SDN 4 DASAN GERES PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan Pidato atau Presentasi siswa dengan penerapan model examples nonexamples pada siswa kelas VI SDN 4 Dasan Geres tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 4 Dasan Geres. Instrumen penelitian terdiri dari RPP, sekenario pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Penelitian didapatkan penerapan model examples nonexamples dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa siswi dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 63 dan meningkat menjadi 75 pada siklus II. Penerapan model examples nonexamples dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 4 Dasan Geres Tahun Pelajaran 2018/2019, dari kategori sebagian aktif menjadi kategori semua aktif pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%, sehingga disimpulkan ketuntasan belajar materi keterampilan menulis dalam penelitian ini dapat tercapai dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati, 2010.Belajar dan Pembelajaran ,Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, B.S. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Tenaga pendidik.Surabaya: Usaha Nasional.
Depdiknas. 2005. Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Pendidikan Menengah.
Finoza, L. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia: Untuk Mahasiswa Non Jurusn Bahasa: Wawancara, Alenia, Kalimat, Diksi, Kata dan Frasa, Ejaan. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Nasucha, Y. 2010. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah.Yogyakarta: Media Perkasa.
Supanti, M. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: Yuma Pustaka.
Soeparno, 1988.Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: PT Intan Pariwara.
Tarigan, H.G. 1994. Pidato Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H.G. 2008, Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa.Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats