LITERASI PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM KONTEKS KURIKULUM BAHASA INGGRIS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Muhamad Asholahudin, Achmad Hufad, Suroso Mukti Leksono, Aan Hendrayana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Inggris yang berbasis budaya lokal kota Cilegon dalam rangka mengenalkan berbagai macam budaya lokal untuk dijadikan bahan literasi bagi peserta didik dan juga mengembangkan kemampuan bahasa Inggris peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil penelitian adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar bahasa Inggris yang Teks Membaca, Teks Percakapan dan Latihan-latihan Bahasa Inggris yang berbasis budaya lokal kota Cilegon.


Keywords


Literasi, Bahan Ajar, Budaya Lokal, Kurikulum Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2017. Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta : Bumi Aksara

Antonius, Bungaran. (2014). Korelasi Kebudayaan Dan Pendidikan : Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Budiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta : Prenadamedia Group.

Haryudin. 2021. The Utilization of Kinemaster applications in the Making of Multimedia Based Teaching Materials For English E-Learning in New Normal (Covid-19). Jurnal Project (Profesional Journal of English Education). Hal : 341-352

Herlinyanto. 2015. Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL. Yogyakarta : Deepublish.

Marsuki. 2015. Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Budaya Bangsa. Jurnal Lingua Volume 10. Hal 10-17

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta : Bumi Aksara

Ratmaningsih, Ni Made. 2019. Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok : PT. RajaGrafindo Persada

Subyantoro. 2011. Pengembangan Keterampilan Membaca Cepat. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan Literasi : Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan Untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i2.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats