MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI NEW NORMAL PARIWISATA

Ninda Nur Safitri

Abstract


Industri pariwisata saat ini sedang mengalami era new normal dengan adanya pandemi Covid- 19. Salah satu wilayah pariwisata Indonesia yang mengalami penurunan jumlah wisatawan adalah Kabupaten Jepara Maka dengan adanya angka penurunan ini pemerintah dan stakeholder wisata berupaya melakukan ektstra promosi pariwisata di era new normal dengan memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi lebih dalam mengenai pengembangan promosi pariwisata Jepara di new normal.  Metode penelitian yang digunakan didalam penelitian ini deskriptif – kualitatif dengan data yang diperoleh melalui sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media sosial sebagai bentuk promosi yang dikelola oleh pemerintah dan akun milik pribadi atau komunitas memiliki perbedaan didalam memberikan konten. Akun pada pemerintah cenderung bersifat formal berbeda dengan akun pribadi atau komunitas memberikan konten yang inovatif dan melibatkan calon wistawan untuk datang ke tempat pariwisata. Kesimpulan bahwa komunikasi yang terjadi di dalam konten media sosial dapat berpengaruh untuk calon wisatawan memiliki keinginan untuk berkunjung dari hasil pengamatan konten yang disajikan yang informatif. Adapun hal yang dapat perhatikan yaitu mengoptimalkan promosi melalui media sosial dan menjaga brand awarness untuk mempertahankan eksistensi didalam pariwisata Jepara.


Keywords


Media Sosial, Promosi Pariwisata, New Normal, Jepara

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2014). Teori Komunikasi. Malang: Gunung Samudera.

disparbud. (2021, 02 05). disparbud.jepara.go.id. (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara) Retrieved 06 10, 2021, from https://disparbud.jepara.go.id/2021/02/statistik-kunjungan-wisatawan-tahun-2020/

Hendra, J., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media sosial, instagram dan Whatsapp Di tengah pandemi COVID- 19 dikalangan masyarakat virtul indonesia. Baitul Umum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 55.

Jepara, D. P. (2019, 12 20). disparbud.jepara.go.id. (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara) Retrieved 06 16, 2021, from https://disparbud.jepara.go.id/2019/12/data-obyek-wisata-kabupaten-jepara/

Jepara, E. (2021). Instagram @explorejepara. Jepara: https://www.instagram.com/explorejepara/ ).

Jepara, T. (2017, Februari 07). Profil Singkat TIC Jepara. (TIC Jepara) Retrieved Juni 10, 2021, from http://www.tic.jepara.go.id/

Jeparahariini. (2020). Instagram. Jepara: https://www.instagram.com/jeparahariini/?hl=id.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management,14th Edition. United States of America: Pearson .

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi . Jakarta: Krencana Prenada Media Group.

Nazaruddin, A. (2021, Juni 4). Seluruh objek wisata di Kabupaten Jepara ditutup. (AntaraNews.com) Retrieved Juni 7, 2021, from https://www.antaranews.com/berita/2193126/seluruh-objek-wisata-di-kabupaten-jepara-ditutup

Nova, H. A. (2020, Juni 25). Pariwisata Era New Normal: Tantangan Komunikasi Ekstra Normal. (Kumparan.com) Retrieved Juni 14, 2021, from https://kumparan.com/warnahatiku/pariwisata-era-new-normal-tantangan-komunikasi-ekstra-normal-1tgIShkHDZI

Purba, P. G. (2020, Mei 19). Indonesia ‘Kebut’ Pemulihan Pariwisata Lewat Program CHS, Bali Jadi Pilot Project. (DW.COM) Retrieved Juni 15, 2021, from https://www.dw.com/id/indonesia-kebut-pemulihan-pariwisata-lewat-program-chs-bali-jadi-pilot-project/a-53498969

Putra, A. C. (2020). Seri 3 Covid- 19 & New Normal. Bogor: Guepedia.

TIC Jepara. (2021). Instgram TIC Jepara. Jepara: https://www.instagram.com/ticjepara/?hl=id.

Utama, I. G. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Vries, L. d., Gensler, S., & Leeflang, P. S. (2012). Popularity of Brand Posts on Brand Fan Pages: An Investigation of the Effects of Social Media Marketing. Journal of Interactive Marketing, 26(2), 83-91.

Wisnawa, I. M., Prayogi, P. A., & Sutapa, I. K. (2021). Manajemen Pemsaran Pariwisata - pengembanan Potensi Produk Wisata Pedesaan . Yogyakarta: CV Budi Utama.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats