PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES KELAS XII-IPS 2 MAN 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Rusdin Rusdin

Abstract


Belajar merupakan suatu kegiatan kreatif. Belajar bukan berarti hanya menyerap tetapi juga mengkonstruk pengetahuan. Belajar matematika akan optimal jika siswa terlibat secara aktif dalam membuat, bukan hanya strategi penyelesaian, tetapi juga masalah yang membutuhkan strategi tersebut.Model pembelajaran Examples non Examples dapat melatih siswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau soal-soal yang berkaitan dengan materi yang dipelajari untuk kemudian dibahas dengan berdiskusi baik oleh teman sebaya maupun oleh guru mereka. Perhatian dan komunikasi matematika siswa menggunakan model pembelajaran Examples non Examples akan lebih baik karena pertanyaan atau soal yang berkualitas oleh siswa yang mempunyai perhatian sungguh-sungguh terhadap pelajaran matematika (Hamzah, 2002). Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui ketercapaian menggunakan model pembelajaran Examples non Examples dalam meningkatkan prestasi siswa pelajaran matematika.Penelitian tindakan ini dilakukan  dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan  terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 59,16% pada siklus 1, dapat meningkat pada siklus 2 menjadi 68,2% dan siklus 3 mencapai 78,96% dan secara klasikal telah mencapai ketuntasan hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Examples non Examples dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII-IPS 2 dengan ketuntasan mencapai 98,67% dengan menggunakan model pembelajaran Examples non Examples efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 1 Mataram.

Keywords


Prestasi Belajar Siswa, Pelajaran Matematika, Model Pembelajaran Examples non Examples.

Full Text:

PDF

References


Adinawan, M.Cholik.2002.Matematika Untuk SMP Kelas X Semester I. Jakarta: Erlangga.

Amerlin. 1999. Analisis Examples non Examples Siswa Sekolah Dasar Negeri II Kecamatan Tomohon Kabupaten Minahasa Pada Konsep Operasi Hitung Bilangan Cacah. Malang: IKIP Malang.

Andayani, Restu. 2001. Tugas Pengajuan Soal (Examples non Examples) sebagai Pendekatan Dalam Proses Pembelajaran Matematika di SLTP. Makalah Komprehensif. PPs Unesa Surabaya.

Arends, Richard I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: MeGraw-Hill Companies, Inc.

Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran SecaraManusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Anonim. 2007. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Budhi, Wono Setya. 2004. Matematika SMA jilid 1A Kelas X Semester I Berdasarkan Kurikulum 2004. Jakarta: Erlangga.

Cramer, Kathleen, Post. T. dan Currier S. 1992. “ Learning and Teaching Ratio and Proportion : Research Implication “. Douglas T. Ownes (ED). Research Ideas For The Classroom : Middle Grades Matematics. 159-178 New York : Macmillan Publishing Company.

Dahar, R.W. 1993. Teori-Teori Belajar. Jakarta : P2LPTK Depdikbud, Dirjendikti.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SMA & MA. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta.

Efendi, En. 2000. Analisis Deskriptif Respon Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Disertai Pemberian Tugas Pengajuan Soal. Makalah Komprehensif. PPs Unesa Surabaya.

Efendi, EN. 2001. Pemberian Tugas Pengajuan Soal Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas II SLTP Muhammadiyah 5 Surabaya. Tesis. PPs Unesa Surabaya.

Hamzah. 2002. “ Pengembangan Model Pembelajaran Matematika di SLTP Melalui Pendekatan Matematical Examples non Examples”. Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia ( MIHMI). Vol. 8 No.3 Th. 2002.29-38.

Hudojo. H.1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta : Dirjen Dikti P2LPTK Depdikbud.

Johnson, David W, dan Johnson, Roger T. 2002.Learning Together And Alone : Cooperative, Competitive, And Individualistic Learning. Boston : Allyin and Bacon.

Johnson, David W, dan Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment : A Manageable and Cooperative Process. Boson : Allyin and Bacon.

Kanginan, Marthen. 2003. Matematika ( Untuk SMU kelas I Semester I ). Bandung : Grafindo.

Marpaung, Y. 1992. Profil Kemampuan Siswa SMP di Yogyakarta Menyelesaikan soal-soal Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai. Laporan Penelitian Yogyakarta : FMIPA IKIP Sanata Dharma.

Moses, B, Bjork, E. Dan Goldenberg, E. P. 1993. “Beyond Problem Solving : Examples non Examples “. Stephen I. Brown and Marion I. Oregan ( ED). Examples non Examples : Reflections and Aplications. 178-188. New Jersey : Lawrence erlbaum Associates, Publishers.

Mujib, A. I 2003. Aplikasi Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktual di SMU. Makalah Komperehensif. PPs Unesa Surabaya.

Sabarata, 2003. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung Dengan Examples non Examples Materi Relasi, Pemetaan Dan Grafiknya Di SLTP Negeri 2 Moyudan. Makalah Komprehensif. PPs Unesa Surabaya.

Silver, E. A, Mamona- Down. J, Leung S dan Kenney. P. A. 1996. “ Posing Mathematical Problem “. Journal for Research in Mathematics Aducation. Vol. 27 No. 3, Mei 1996. 293-309.

Silver, E. Dan Cai, J. 1996. “ An Analisys Of Arithmetic Examples non Examples by Middle School Students “ Journal for Research in mathemetics Aducation 5, November 1996.521-539.

Siswono, T. Y. E. 1999. Analisis Hasil Tugas Pengajuan Soal Oleh Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Rungkut Surabaya. Makalah komperehensif. PPs Unesa Surabaya.

Siswono, T. Y. E. 1999. Metode Pemberian Tugas Pengajuan Soal (Examples non Examples) dalam Pembelajaran Matematika pokok pembahasan dan perbandingan di MTs Nengri Rangkul Surabaya.Tesis.PPs Unesa surabaya.

Slavin, Robert E.1995.Cooperatve leanring:Theori, Research,and Praction 2nd Edition.Massachusetts:ALLyan and Bacon.

Slavin,Robert E.1997.Educational Psychology: Theory and Practice 5Th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia : Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.

Suharta, I Gusti Putu. 2000. “ Pengembangan Strategi Program Posing dalam Pembelajaran Kalkulus Untuk Memperbaiki Kesalahan Konsepsi “. Matematika : Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Th. VI No.2, Agustus 2000. Malang : Jurusan pendidikan Matematika FPMIPA Universitas Negeri Malang.

Upu, Hamzah. 2003. Examples non Examples Dan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung : Pustaka Ramadhan.

Wirodikromo, Sartono. 2002. Matematika Untuk Kelas I SMA. Jakarta : Erlangga




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i1.137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats