MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN WORKSHOP DAN PENDAMPINGAN

Ni Ketut Pola Rustini, I Nengah Astawa, Ida Bagus Nyoman Mantra

Abstract


Kompetensi profesional para guru di Sekolah Dasar dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif adalah sangat mendesak perlu ditingkatkan karena kualitas pembelajaran sangat tergantung pada profesionalisme guru itu sendiri. Kemampuan para guru dalam pengelolaan sistem pembelajaran sangat perlu ditingkatkan agar output yang dihasilkan memiliki kompetensi yang tinggi dalam menghadapi tuntutan tercapainya kompetensi yang dicanangkan dalam silabus yang disususn berdasarkan kurikulum yang berlaku. Inovasi yang dilakukan melalui kegiatan kemitraan ini berupa pelatihan metode inovatif, pembuatan modul pembelajaran berbasis metode inovatif dan pembuatan resource center berbasis komputer. Pelatihan dan pendampingan ini mampu menjadikan para guru lebih profesional dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga mampu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi siswa.


Keywords


Profesionalisme, Guru-guru, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Astawa, I N., Mantra, I B N, Widiastuti, I A M S. (2017). Developing Communicative English Language Tests for Tourism Vocational High School Students. International Journal of Social Sciences and Humanities, 1 (2): 58-64

Directorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan. 2017. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Maysrakat di Perguruan Tinggi Edisi XI

LPPM Universitas Mahasaraswati Denpasar 2017, Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat. Denpasar: Unmas Denpasar

Mantra, I.B.N. (2017). Promoting Primary School Teachers’ Competence through Dynamic Interactive Workshop and Partnership International Journal of Linguistics, Language and Culture (IJLLC), 3(1): 1-6

Mantra, I B N. (2017). Promoting The Students’ Writing Skill Through Folktales Based Learning Activities. Proceedings Isolec International Seminar on Language, Education and Culture, Faculty of Letters, Universitas Negeri Malang (UM): 78-82.

Maba, W., Perdata, I B K, Astawa, I N. (2017). Penilaian Kinerja Guru,

Kesejahtraan Guru Dan Peningkatan Kualitas Hasil Pendidikan Diknas Pendidikan Kota Denpasar. Media Bina Ilmiah, 11 (11): 1-8.

Maba, W., Mantra, I B N. (2018). The primary school teachers’ competence in Implementing the 2013 curriculum. SHS Web of Conferences, 42. Available at https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200035

Mantra, I B N., Maba, W. (2018). Enhancing the EFl learners’ speaking skill Through folktales based instruction. SHS Web of Conferences, 42, 00017 (2018). Available at https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200017

Mertler, A. Craig. (2006). Action Reseach-Teacher as Reseacher in the Classroom. Sage Publication,Inc.

Widiastuti, I. A. M. S. (2018). EFL Teachers’ Beliefs and Practices of Formative Assessment to Promote Active Learning. The ASIAN EFL Journal, 3(1): 96-112

Widiastuti, I. A. M. S. (2017). Teachers’ Understanding of Formative Assessment. Jurnal Bahasa dan Seni, 45 (1): 50-63




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats