PELATIHAN MENGGUNAKAN E-PAYMENT DAN VALUE INNOVATION UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS USAHA KECIL MASYARAKAT DI PALANGKA RAYA
Abstract
Penelitian dibidang manajemen pemasaran untuk meningkatkan kinerja bisnis UKM dengan e-payment dan value innovation sangat menarik di masa pandemic new normal. Kinerja bisnis meliputi penjualan, profitability dan tingkat permintaan. Kinerja bisnis perlu adanya dukungan pelatihan untuk memberdayakan SDM dan diimbangi ketersediaan aplikasi digital, bertujuan memberikan kemudahan konsumen dalam transaksi di masa pandemic. Responden dalam penelitian adalah 50 pelaku bisnis UKM dan berdasarkan hasil memberikan pelatihan menggunakan e-payment dan value innovation signifikan, artinya sangat penting dalam meningkatkan kinerja bisnis. Hasil penelitian ini didapat dari analisis statistik SPSS secara kuantitatif linier sederhana, yang berdasarkan nilai r-square sebesar 64,9% pelatihan e-payment dan value innovation dapat meningkatkan kinerja bisnis. Implikasi penelitian bentuk penelitian pemasaran dengan mengedukasi UKM menggunakan e-payment dan value innovation dalam meningkatkan kinerja bisnis UKM di kota Palangka Raya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sadjadi, E. N. (2020). Service-dominant logic as a foundation for business model innovation in smart grids. The Electricity Journal, 33(5), 106737.
Nahan, N., & Kristinae, V. (2019). Analisis Media Online sebagai Komunikasi Bisnis pada UKM Pekerja Wanita di Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 3(2), 52-62.
Leavy, B. (2018). Value innovation and how to successfully incubate “blue ocean” initiatives. Strategy & Leadership, 46(3), 10-20. doi:10.1108/sl-02-2018-0020
Christa, U. R., Wardana, I., Dwiatmadja, C., & Kristinae, V. (2020). The Role of Value Innovation Capabilities in the Influence of Market Orientation and Social Capital to Improving the Performance of Central Kalimantan Bank in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 140.
Sok, P., & O'Cass, A. (2015). Examining the new product innovation – performance relationship: Optimizing the role of individual-level creativity and attention-to-detail. Industrial Marketing Management, 47, 156-165. doi:10.1016/j.indmarman.2015.02.040
Peridawaty, P., & Kristinae, V. (2020). Peran Penting Lingkungan Kerja Dan Manajemen Inovasi Meningkatkan Profitabilitas Usaha Kerajinan Rotan Di Kalimantan Tengah. MEDIA BINA ILMIAH, 15(3), 4145-4152.
Assegaff, S. (2015). Pengaruh Trust (Kepercayaan) dan Online Shopping Experiences (Pengalaman Berbelanja Online) terhadap Perilaku Konsumen dalam Berbelanja Online: Prespektif Konsumen di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 463-473.
Andhini, A. (2017). Pengaruh transaksi online shopping, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(7).
Marcos-Cuevas, J., Nätti, S., Palo, T., & Baumann, J. (2016). Value co-creation practices and capabilities: Sustained purposeful engagement across B2B systems. Industrial Marketing Management, 56, 97-107. doi:10.1016/j.indmarman.2016.03.012
Reza, Y. (2019). Analisis faktor-faktor sukses sistem e-payment. Jurnal Riset Sains Manajemen, 3(1), 31-48.
Fujita, S., Vaughan, C., & Vargo, S. (2018, January). Service ecosystem emergence from primitive actors in service dominant logic: An exploratory simulation study. In Proceedings of the 51st Hawaii International Conference on System Sciences.
Hermawan, V. K., & Paramita, E. L. (2020). Trust dan Perceived Usefulness dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan E-wallet. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 223-236.
Zsigmond, T., Zsigmondová, A., & Machová, R. (2021). From Goods-dominant logic to Service-dominant logic. In SHS Web of Conferences (Vol. 120). EDP Sciences.
Azhari, F. (2017). Peran modal sosial dalam pengembangan jaringan usaha kecil menengah (Studi kasus pada rumah makan padang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Berghman, L., Matthyssens, P., & Vandenbempt, K. (2012). Value innovation, deliberate learning mechanisms and information from supply chain partners. Industrial Marketing Management, 41(1), 27-39. doi:10.1016/j.indmarman.2011.11.014
Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.
Dimitrios, K., & Evangelos, P. (2015). The impact of innovation capability on the performance of manufacturing companies: The Greek case. Journal of Manufacturing Technology Management, 26(1), 104-130. Retrieved from https://doi.org/10.1108/JMTM-12-2012-0117. doi:10.1108/JMTM-12-2012-0117
Irawati, R. (2018). Pengaruh pelatihan dan pembinaan terhadap pengembangan usaha kecil. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 12(1), 74-84.
Chang, C.-H. (2019). Do green motives influence green product innovation? The mediating role of green value co-creation. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 26(2), 330-340. doi:10.1002/csr.1685
Amiruddin, A. (2018). Pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) binaan dinas perdagangan Kota Surabaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Ferdinand, A. T., & Fitriani, L. K. (2015). Acculturative Iconic Product Attractiveness and Marketing Performance. Journal of Global Strategic Management, 2(9), 15-15. doi:10.20460/jgsm.2015915570
Howell, R., van Beers, C., & Doorn, N. (2018). Value capture and value creation: The role of information technology in business models for frugal innovations in Africa. Technological Forecasting and Social Change, 131, 227-239. doi:10.1016/j.techfore.2017.09.030
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i3.1423
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats