PEMBERDAYAAN MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) AMERTHA DANA KESIUT MELALUI IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID 19

Putu Krisna Adwitya Sanjaya, I Nyoman Suta Widnyana, Ni Putu Ayu Kusumawati, I Wayan Ale Setiawan, Putu Ayu Diana Gita Maharani, I Nyoman Teguh Surya Dharma Laksana

Abstract


Era revolusi industri 4.0 dan situasi pandemi COVID 19 menuntut entitas usaha untuk memaksimalkan penggunaan teknologi informasi berbasis digital secara tepat guna yakni melakukan pemasaran produk usaha. Namun saat ini tidak banyak BUMDes yang menggunakan teknologi informasi dalam pemasarannya. Hal ini juga terjadi di Desa Kesiut yang berlokasi di Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan BaliBUMDes di Desa Kesiut masih menerapkan sistem pemasaran konvensional dalam memasarkan produk usahanya. Tentu hal ini jika tidak segera ditindaklanjuti akan menimbulkan tidak kompetitifnya usaha yang berdampak pada risiko kerugian dimasa depan terlebih saat ini sedang dilanda COVID 19 yang memerlukan model cashlees dan social distance dalam aktifitas transasksi. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangya sumber daya manusia yang handal dan profesional. Solusi pemecahan masalah dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi, edukasi, pelatihan dan pendampingan implementasi sistem pemasaran secara digital.  Dari solusi yang dicanangkan tersebut maka diharapkan mampu memberi pengetahuan sekaligus meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya manajemen BUMDes untuk menggunakan teknologi informasi didalam menerapkan sistem pemasaran produk berbasis teknologi digital. Metode pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahap, yakni diawali dengan memberikan pemahaman akan pentingya penggunaan teknologi informasi, selanjutnya dilakukan juga pelatihan pembuatan portal website. Tahap akhir dilakukan pendampingan untuk membantu pemecahan masalah yang dihadapi terkait dengan penerapkan sistem digital marketing.  Harapan yang diinginkan melalui program kemitraan masyarakat yang dikejewantahkan melalui tahapan sosialisasi, edukasi, pelatihan maupun pendampingan ini adalah BUMDes dalam menjalankan kegiatan usahanya mampu menerapkan teknologi informasi berbasis digitalisi Marketing dalam menjalankan usahanya. Dengan melaksanakan kegiatan ini diharapkan dalam jangka panjang BUMDes di Desa Kesiut akan semakin berkembang dan mampu menggeliatkan perekonomian Desa sehingga akan terjadi akselerasi kesejahteraan masyarakat Desa.


Keywords


Pemberdayaan, covid 19, BUMDes, Digitalisasi, dan Marketing.

Full Text:

PDF

References


Ariprawira, G., & Kurniawan, M. A. (2020). Internet of Things Industry in Supporting Industrial Revolution 4.0. 1st International Multidisciplinary Conference on Education, Technology, and Engineering (IMCETE 2019), 349–353. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200303.084

Badan Pusat Statistik. (2017). Kecamatan Penebel Dalam Angka. Badan Pusat Statistik.

Chaffey, D., Smith, P. R., & Smith, P. R. (2013). eMarketing eXcellence: Planning and optimizing your digital marketing. Routledge.

Cieślik, A., & Parteka, A. (2021). Relative Productivity, Country Size and Export Diversification. Structural Change and Economic Dynamics, 57, 28–44. https://doi.org/10.1016/j.strueco.2021.01.002

Kang, Y. (2020). The digital preservation and presentation of red cultural heritages in Ganjiang River Basin, China. In Proceedings - 2020 International Symposium on Advances in Informatics, Electronics and Education, ISAIEE 2020 (pp. 6–14). https://doi.org/10.1109/ISAIEE51769.2020.00009

Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.

Rahmana, A. (2009). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan daya saing usaha kecil menengah.

Sanjaya, P. K. A. (2018). Etika Bisnis dan Entrepreneurship dalam Pembangunan Ekonomi Bali: dalam Perspektif Hindu. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 18(1), 93–101.

SANJAYA, P. K. A., & NURATAMA, I. P. (2021). TATA KELOLA MANAJEMEN & KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENGENGAH. Unhi Press.

Sanjaya, P. K. A., Widnyana, I. N. S., & Nuratama, I. P. (2019). PEMBERDAYAAN PRAJURU LEMBAGA KEUANGAN MIKRO ADAT MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA KESIUT KECAMATAN KERAMBITAN KABUPATEN TABANAN. JURNAL SEWAKA BHAKTI, 3(1), 25–39.

Sanjaya, P. K. A., Wimba, I. G. A., & Premayani, N. W. (2020). Determinants Influencing Customer Loyalty To An Indonesian Online Shop Shopee: A Case Study In Denpasar City, Bali. Solid State Technology, 63(5), 4713–4722.

Suryanto, R. (2018). Peta jalan BUMDES sukses. Yogyakarta: PT Syncore Indonesia.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 102–110. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jatiunik/article/view/117

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Keuangan Dan Bisnis IV UPI.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i6.1452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats