PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BAGI SISWA KELAS XI SMK PURWAJAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran Interaktif dengan Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI dalam Materi Microsoft Power Point bagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel tersebut adalah kelas XI Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif dan kelas XI keperawatan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Video Tutorial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk praktik. Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 22.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat normalitas data pre-test dan post-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan membandingkan dengan nilai signifikasn 0,05. Kemudian hasil analisis uji homogenitas untuk melihat apakah sampel berasal dari populasi dengan variansi yang homogen. Hasil analisis data dengan hipotesis untuk menguji perbedaan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI dalam materi Microsoft Power Point bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran Interaktif lebih efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar
Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Agus, P. E. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta. Gava Media
Arif S. Sadiman. 2013. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Arif S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT. Grafindo Persada
Arsyad Azhar. 2006. Media Pembelajaran .
Jakarta: PT. Grafindo Persada
Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Edisi kedua. Bogor: Galih Indonesia
Deni Dermawan. 2013. Pendidikan Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranan sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Julius. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Yogykarta
Oemar Hamalik. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Pramudjono. 2013. Statistika Dasar. (Aplikasi Untuk Penelitian). Samarinda: Purry Kencana Mandiri
Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif
Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Referensi Jakarta.
Suyanto, M. (2003). Analisis dan Desain
Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogykarta: Andi
Sakiman. 2012. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
S. Nasution, M.A (2003). Berbagai
Pendekatan Dalam Proses Pendekatan Belajar Dan Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sudarwan Danim. 1995. Media pendidikan.
Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Vembrianto. 1981. Pengantar pengajaran
modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita
Wahono. 2002. Media pembelajaran Interaktif.
Semarang: Unnes Press 2002
Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi
Pembelajaran. Jakarta: Karisma Putra Utama
W.S Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo
Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1479
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats