PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BAGI SISWA KELAS XI SMK PURWAJAYA

Arif Zuhdi Winarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran Interaktif dengan Video Tutorial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI dalam Materi Microsoft Power Point bagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Sampel tersebut adalah kelas XI Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif dan kelas XI keperawatan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Video Tutorial. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk praktik. Perhitungan menggunakan bantuan program SPSS 22.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat normalitas data pre-test dan post-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan membandingkan dengan nilai signifikasn 0,05. Kemudian hasil analisis uji homogenitas untuk melihat apakah sampel berasal dari populasi dengan variansi yang homogen. Hasil analisis data dengan hipotesis untuk menguji perbedaan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI dalam materi Microsoft Power Point bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran Interaktif lebih efektif.


Keywords


Media Pembelajaran, Interaktif, Video Tutorial, Microsoft Power Point

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Agus, P. E. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta. Gava Media

Arif S. Sadiman. 2013. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Arif S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran.

Jakarta: PT. Grafindo Persada

Arsyad Azhar. 2006. Media Pembelajaran .

Jakarta: PT. Grafindo Persada

Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran Edisi kedua. Bogor: Galih Indonesia

Deni Dermawan. 2013. Pendidikan Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Peranan sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Julius. 2013. Pengaruh Media Pembelajaran CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa. Yogykarta

Oemar Hamalik. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Pramudjono. 2013. Statistika Dasar. (Aplikasi Untuk Penelitian). Samarinda: Purry Kencana Mandiri

Rayandra Asyhar. 2012. Kreatif

Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Referensi Jakarta.

Suyanto, M. (2003). Analisis dan Desain

Aplikasi Multimedia untuk Pemasaran. Yogykarta: Andi

Sakiman. 2012. Pengembangan media pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia

S. Nasution, M.A (2003). Berbagai

Pendekatan Dalam Proses Pendekatan Belajar Dan Mengajar. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sudarwan Danim. 1995. Media pendidikan.

Jakarta: PT. Grafindo Persada

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-dasar

Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Vembrianto. 1981. Pengantar pengajaran

modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita

Wahono. 2002. Media pembelajaran Interaktif.

Semarang: Unnes Press 2002

Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi

Pembelajaran. Jakarta: Karisma Putra Utama

W.S Winkel. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Grasindo

Zainal Arifin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.1479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats