ANALISIS TATA KELOLA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A) KABUPATEN PASAMAN BARAT STUDI KASUS PADA LKM-A ALBASIKO II

Hendris Syah Putra, Osmet Osmet, Faidil Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan LKM-A Albasiko II di Kabupaten Pasaman Barat, mendeskripsikan proses dan mengevaluasi tata kelola (governance) LKM-A Albasiko II di Kabupaten Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis matriks pengambilan keputusan. Hasil analisis menunjukkan keberhasilan LKM-A Albasiko II di Kabupaten Pasaman Barat yang dilihat dari perkembangan aset LKM-A yaitu terjadinya peningkatan aset dari tahun ke tahun hingga mencapai Rp. 13,699,492,480,- di tahun 2016. Kemudian jumlah NPL yang tiap tahun menurun dan diakhir tahun 2016 hanya sebanyak Rp. 1,850,000,-. Diliat dari sisi kemampuan mobilisasi dana setiap tahunnya semakin meningkat dan jangkauan (outreach) pelayanan semakin luas dengan telah mempunyai satu kantor cabang. Selain itu tata kelola (governance) LKM-A Albasiko II, secara keseluruhan hasil matriks menunjukkan bahwa LKM-A Albasiko II sudah masuk pada kriteria microfinance institution being institutionalized, yaitu lembaga yang sudah menjalankan kelembagaan dengan baik sesuai dengan fungsi dan tugasnya tanpa ada intervensi dari stakeholder lain. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tata kelola LKM-A Albasiko II rata - rata mendapatkan skor 4,67 yang berarti bahwa kinerja LKM-A sudah termasuk kategori baik. Kinerja LKM dalam skala dari 1 hingga 5 pada enam bidang mendasar yang membentuk fondasi tata kelola kelembagaan yang baik sudah terdapat dalam LKM-A Albasiko II ini.


Keywords


Lembaga Keuangan Mikro, Petani Kecil & Tata Kelola Kelembagaan

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Lincolin. 2008. Lembaga keuangan Mikro, Institusi, Kinerja, & Sustanabilitas. Andi. Yogyakarta.

Bank Indonesia, 2004. Surat Edaran Bank Indonesia No.6/23/DPNP Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum. Jakarta.

Kementerian Pertanian, 2013. Modul Pengembangan Unit Usaha LKMA Pada Gapoktan PUAP. Jakarta, Deptan Press.

Lapenu, Cécile (CERISE) dan Dorothée Pierret (IRAM). 2006. Handbook for the analysis of the governance of microfinance institutions. Printed at IFAD.

Ledgerwood J. 1999. Microfinance Handbook. an Institutional and Financial Perspective. Washington DC: Berkeley University.

Lukviarman, Niki. 2006, Dasar Dasar Manajemen Keuangan, Andalas University. Press, Padang. Mamduh M. Hanafi. 2005. Analisis Laporan Keuangan.

Nazir, Moh, Ph.D. 2003, Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pratama, B.A. 2010. Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan (Studi pada Bank Umum di Indonesia Periode Tahun 2005-2009). Tesis. Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.

Robinson, SM. 2001. The Microfinance Revolution: Sustainable Finance For The Poor. World Bank,Washington, DC.

Utami, R.A. 2015. Analisis Keberlanjutan dan Pengembangan Co-Operative Entrepreneurship Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKM-A) Kabupaten Lamongan. [Thesis]. Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.1511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats