ANALISIS KESIAPAN KMS DI PUSDIKLAT BMKG

Widada Sulistya

Abstract


Dalam rangka pemenuhan kebutuhan kompetensi PNS dengan standar kompetensi jabatan dan rencana pengembangan karier, dilaksanakan melalui pendekatan sistem pembelajaran terintegrasi (Corporate University). Dalam sistem pembelajaran terintegrasi (Corporate University) perlu dukungan adanya sistem manajemen pengetahuan (Konwledge Management System).Dalam rangka implementasi kebijakan pemerintah tersebut, diperlukan kajian tingkat kesiapan suatu instansi  dalam penerapan manajemen pengetahuan, termasuk Pusdiklat BMKG. Untuk itu maka, kajian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesiapan implementasi Sistem Manajemen Pengetahuan di Pusdiklat BMKG. Hasil analisis menunjukkan bahwa, dari 13 (tiga belas) paramter kesiapan, telah masuk kategori tinglkat kesiapan cukup sebanyak 10 (sepuluh) parameter atau 77% dan masih ada 3 (tiga) parameter yang masih dalam kategori tingkat kesiapan kurang atau 23%. 


Keywords


KMS, Sistem, Manajemen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Maria, A. (2016). THE 7 FUNDAMENTALS OF HIGHLY PERFORMED CORPORATE UNIVERSITY. Jakarta: Diptagrup.

Nike Mutiara Fauziah, A. W. (2019, November ). Asn Corporate University: Sebuah Konsep Pendidikan Dan Pelatihan Pada Era Disruptif. Civil Service, Volume 13, No. 2.

Sasmita, N. (2019). Perkuat Knowledge Management Dalam Corporate University. Media, Edisi 6.

Sri Widiastuti, I. B. (2016). Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Knowledge Management : Studi Kasus Pusat Data dan Informasi Badan Penanaman Modal. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Suharsono, A. (2019). Pembelajaran Model 70 - 20 - 10 Pada Kemenkeu Corpu Sebagai Patok Banding Jabar Corpu. Prosiding Seminar Nasional “INOVASI MENUJU CORPORATE UNIVERSITY”.

Suharsono, A. (2020, Juni). Pembelajaran Penanaman Nilai Anti Korupsi Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Dengan Permainan dan Lagu Tradisional Cublak Cublak Suweng. Open Journal System, Volume 14, No.11,.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats