STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT LOKAL DI TELUK SERIWE LOMBOK TIMUR

Murianto murianto, Lalu Masyhudi

Abstract


Teluk Seriwe merupakan salah kawasan Ekowisata yang berpotensi untuk  dikembangkan  dengan baik. Ekowisata membutuhkan pengelolaan yang sesuai dengan aturan kawasan  konservasi yang dapat melestarikan lingkungan. Keterlibatan masyarakat  lokal dalam pengembangan ekowisata merupakan langkah yang sangat baik untuk mengembangkan ekowisata teluk seriwe secara keberlanjutan baik secara ekonomi, sosial dan budaya di kawasan ekowisata Teluk Seriwe. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara, dan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriftif kwlitatif dengan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, & Threats). Strategi pengembangan yang dihasilkan dari analisa SWOT tentunya berpedoman terhadap pengembangan destinasi wisata Teluk Seriwe yang berbasis masyarakat lokal dan tentunya didukung oleh program-program pengembangan yaitu Terdapat tiga strategi alternative SO (Strenght Opportunity), tiga strategi alternative WO (Weaknes Opportunity), tiga strategi alternative ST (Strenght Threats), dan satu strategi alternatif WT (Weakness Threats) dan didukung oleh program pengembagan yaitu memberikan pekerjaan masyarakat lokal pekerjaan, membagun bank sampah, memberikan bantuan Dana KUR (Kredit Usaha Rakyat), melibatkan BUMDES dan melibatkan Pamswakarsa untuk menjaga keamanan Destinasi wisata di Teluk Seriwe.

Keywords


Strategi, Ekowisata & Masyarakat Lokal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudigdo. Doddy 2013. Peranan Ekowisata dalam Konsep Pariwisata berbasis Masyarakat pada taman Wisata Alam Tangkiling. Journal. Volume 8 , No.2

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Umam, Kahairul, Dkk. 2015. Strategi Pengembangan Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya .Jurnal. Voulume 1. No.1

Fandeli. 2000. Pengusahaan Ekowisata. UGM. Yogyakarta

Gunawan. 2008. Agenda 21 Sektoral : Agenda Pariwisata untuk Pengembangan Kualitas Hidup Secara Berkelanjutan. UNDP-Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup. Jakarta.

Josephine. 2010. Kajian Pengembangan Ekowisata di Kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit. Medan. USU-Press.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats