MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IIS-3 SEMESTER SATU TAHUN 2016/2017 DENGAN MENGOPTIMALKAN PENERAPAN MODEL DISCOVERI LEARNING DI MAN 1 MATARAM

Rusdin Rusdin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Saintifik model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar MatematikaPeserta didik Kelas XII IIS-3 MAN 1 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah mendorong peserta didik untuk mengembangkan ketrampilan belajar dalam kelompok (kognitif) dan bersosiolisasi dengan teman sebagai dalam proses pembelajaran di kelas senyatanya. Dan bagi guru meningkatkan pengembangan pendekatan dan model pembelajaran dengan penerapan saintifik Model discovery learning dalam pembelajaran kerja kelompok (kooperatif). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru pada pertemuan kedua memperoleh skor rata-rata (4,64) dan hasil observasi Peserta didik pertemuan kedua mencapai skor rata-rata (4,34). Sedangkan hasil belajar Peserta didik mencapai nilai rata-rata (89,81), artinya indikator keberhasilan (> 4,0) dan hasil belajar (> 75,00) telah terlampaui. Karena indikator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Keywords


Motivasi Dan Hasil Belajar – Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2017, dalam http://dadangjsn.blogspot.com/2014/06/pengertiandefinisi-pendekatan-saintifik.html, Tanggal 20 Juli 2017, Pukul 08.32 Wita

Arikunto, s. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Harun Rasyid dan Mansur, 2008, Penilaian Hasil Belajar, Bandung : CV Wacana Prima.

Lukmanul A, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima.

Mukhtar, 2003, Prosedur Penilaian, Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhadi, 2003, Yasin ,B dan Sendule.A, 2003, Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang : Unitipetas Negeri Malang.

Robert E Slavin, 2010, Cooperative Learning Teori, riset dan Praktik, Bandung : Nusa Media.

Sardiman, 2007, Indikator Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Supriono, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Permen 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats