PENGARUH INOVASI RESONANSI MEREK DALAM MEMEDIASI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE IPHONE DI-KOTA PALANGKA RAYA

Vivy Kristinae, Usup Riassy Christa

Abstract


Penelitian dibidang manajemen dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan pengaruh Inovasi Resonansi Merek sebagai mediasi hubungan kualitas pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelian produk dari berbagai macam produk smartphone yang ditawarkan di kota Palangka Raya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian asosiatif-kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah pelanggan sebanyak 200 orang. Alat analisis yang dipakai dalam penelitian adalah Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi resonansi merek. Selanjutnya, inovasi resonansi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi hasil bahwa pentingnya kualitas pelayanan dalam meningkatkan keputusan pembelian dan mampu melalui mediasi inovasi resonansi merek, sehingga hal ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan keputusan pembelian smartphone iphone.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Inovasi Resonansi Merek dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Christa, U. R., & Sambung, R. (2021). Analisis Pengaruh Dimensi Modal Intelektual Terhadap Kinerja Pelayanan Perguruan Tinggi Di Kalimantan Tengah. Media bina ilmiah, 15(7), 4771-4780.

Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54-57.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182.

Fauzi, R. I., Ardiyanto, F., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Pengalaman, Kesadaran, Keterikatan, dan Kualitas Hubungan Merek Terhadap Resonansi Merek pada SIM Card. Aktiva: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 9-15.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Prasetyo, F. B., & Widodo, T. (2018). Peran Resonansi Merek Dalam Memediasi Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Prostreet Indonesia. eProceedings of Management, 5(3).

Widyastuti, S., & Hakim, B. N. (2019, February). Model hubungan ekuitas merek, perceived quality dan loyalitas konsumen. In FORUM EKONOMI (Vol. 21, No. 1, pp. 45-52).

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.

Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101-118.

Kartika, Erawati, Puji Setya Sunarka, and M. Rifki Bakhtiar. "Faktor-Faktor Pengendali Keputusan Pembelian di Marketplace Era Pandemi Covid-19." SEIKO: Journal of Management & Business 4, no. 2 (2021): 377-389.

Hindratno, J., Meitiana, M., & Manurung, Y. (2021). Pengaruh Budaya, Persepsi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Tradisional di UKM Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis, Akuntansi, 1(1), 9-17.

Solihin, W. A., Tewal, B., & Wenas, R. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Khannan, M. S. A. (2019). Penerapan metode service quality (servqual) untuk peningkatan kualitas pelayanan pelanggan. Opsi, 12(1), 1-11.

Arianto, N., & Octavia, B. D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 98-107.

Telagawathi, N. L. W. S. T., & Yulianthini, N. N. (2022). THE PENGARUH PERSONAL SELLING AGEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NASABAH ASURANSI SUN LIFE FINANCIAL SINGARAJA. JEMBA: Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan bisnis, Akuntansi, 2(1), 63-71.

Harnoto, T., & Silintowe, Y. B. R. (2018). Keputusan Pembelian Smartphone oleh Mahasiswa: Kelompok Acuan atau Gaya Hidup?. MODUS-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 30(2), 181-197.

Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1634

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats