SISTEM KOMUNIKASI PADA ORGANISASI FORUM KOMUNIKASI SISWA HINDU DI KOTA MATARAM

I Made Putra Suryantara

Abstract


Abstrak

Dalam kehidupan organisasi, komunikasi memegang peranan yang sangat penting untuk membangun sistem komunikasi pada organisasi. FOKUSH merupakan suatu organisasi sebagai wadah pemersatu siswa-siswi Hindu di kota Mataram yang memiliki sistem komunikasi organisasi yang berkaitan dengan struktur komunikasi, proses komunikasi dan gaya komunikasi. Fenomena yang terjadi dalam organisasi FOKUSH, walaupun kurangnya mendapat bimbingan dan pengawasan serta minimnya partisipasi guru agama Hindu yang berada di setiap masing-masing sekolah SMA/SMK se kota Mataram untuk mewajibkan siswa-siswinya secara aktif mengikuti kegiatan FOKUSH. Tetapi dari permasalahan tersebut organisasi FOKUSH mampu eksis, aktif dan berkembang serta memiliki peranan dalam kegiatan sosial keagamaan di masyarakat. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya suatu sistem komunikasi yang terdapat pada organisasi FOKUSH. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan purposive sampling dengan teknik wawancara mendalam. Adapun teori yang digunakan yaitu teori ERG dan teori tindakan komunikatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) proses komunikasi terjadi secara dua dimensi yaitu komunikasi internal di dalamnya terdapat komunikasi vertikal, horizontal, diagonal dan komunikasi eksternal yang berkaitan dengan komunikasi dari organisasi ke khalayak dan dari khalayak ke organisasi, (2) gaya komunikasi menggunkan gaya komunikasi the controlling style, the equalitarian style dan gaya komunikasi the reliungising style.

Keywords


Sistem Komunikasi dan Organisasi FOKUSH

Full Text:

PDF

References


[1] Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi pada Organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

[2] Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju

[3] Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

[4] Deddy Mulyana, Ph.D. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

[5] Bungin, Burham. 2001. Metode Penelitian Sosial, Format-Format Kuntitatif dan Kualitatif. Surabaya: Airlangga University.

[6] Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press

[7] Morissan. 2009. Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

[8] Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

[9] Muhammad, Arni. 2007. Komunikasi Organisas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

[10] Tim Redaksi. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke Tiga. Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i3.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats