PENDAYAGUNAAN MEDIA GAMBAR BINATANG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IIC SDN 3 NARMADA
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatkan keterampilan siswa kelas IIC SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dalam mendeskripsi secara secara tertulis. Penelitian tindakan kelas ini memiliki karakteristik sebagai berikut : (1) latar alamiah untuk mengungkap hubungan alami antara peneliti dengan subyek penelitian, (2) peneliti sebagai instrument utama karena peneliti berperan sebagai perencana tindakan, pengumpul data, penganalisa data, dan pengamat, (3) hasil penelitian bersifat deskriptif, (4) analisis data dilakukan secara induktif, (5) kebermaknaan data menurut tafsiran peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran mendeskripsi secara tertulis melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan memanfaatkan media gambar binatang dapat meningkatkan keterampilan mendeskripsi secara tertulis siswa kelas IIC SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada. Peningkatan keterampilan mendeskripsi secara tertulis ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian yaitu prosentase pada studi pendahuluan sebesar 27%, atau hanya 6 siswa dari 22 siswa yang mampu menulis dengan baik yakni dapat mencapai nilai di atas nilai 70 atau nilai KKM pada aspek menulis. Hasil siklus I meningkat menjadi 45,4% (kurang) karena dari 22 siswa 10 siswa yang berhasil memperoleh nilai di atas nilai KKM, hasil pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 59%(sedang) yakni dari 22 siswa 13 siswa berhasil memperoleh nilai di atas nilai KKM, dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 86,3%(sangat baik), dari 22 siswa yang dijadikan sampel ada 7 siswa dalam kategori sangat baik dan 12 siswa dalam kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Arya Yanti, P. 2007. Menumbuhkan Budaya Menulis pada Anak. Online http://www.sabda.org [accessed 24/02/08].
BSNP, 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
Darsono, Max, 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Depdikbud, 1994. Kurikulum SD GBPP Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Depdiknas, 2007. Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Online http://farhanzen.wordpress.com [accessed 15/01/08].
Dikdasmen Diknas, 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas.
Mastur, Zaenuri. 2004. Model Pembelajaran Lingkungan. Online http://www.suaramerdeka.com [accessed 06/11/07]
Muchith, M. Saekhan, 2018. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: RaSAIL Media Group.
Pantow, Johana, dkk. 2002. Analisa kemampuan menulis Bahasa Inggris Mahasiswa FKIP-UT. Online http://digilib.itb.ac.id [accessed 26/01/08].
PTK, 2018. Salah Satu Contoh PTK dalam Bidang Bahasa. Online http://aflahchintya23.wordpress.com [accessed 10/03/08].
Purwaningtyas, Sri. 2007. Pengaruh Pendekatan Kontekstual (CTL) Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi. Online http://pasca. uns.ac.id, [accssed 10/03/08].
Purwanto, M. Ngalim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.
Pustaka, Pepak. 2002. Aktivitas Menulis. Online http://pepak.sabda.org, [accessed 10/03/08].
Sadulloh, Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sriwilujeng, Dyah, dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik. Malang: Erlangga.
Sukmana. 2004. Dinamika Proses Belajar. Online http://www.pikiran-rakyat.com, [accessed 15/01/08].
Syahrudin, D. 2007. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Prosa. Online http://ind.sps.upi.edu, [accessed 10/03/08].
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i3.176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats