PENGGUNAAN MEDIA PIPET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SDN 3 NARMADA KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Pada tingkat sekolah dasar, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum SD. Pada materi Matematika siswa-siswi merasa keesulitan memahami konsep Matematika karena waktu pelaksanaan pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa tidak sesuai dengan harapan. Faktor tersebut adalah guru tidak menggunakan alat peraga sebagai alat bantu untuk mempermudah pemahaman siswa dalam menerima materi yang diajarkan dan penerapan metode yang tidak sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dan kurangnya minat belajar siswa dalam proses pembelajara. Yang menjadi rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah ”Bagaimanakah cara penggunaan media pipet untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2017/2018?” Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran yang dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui meningkatkan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan media pipet di kelas IA SDN 3 Narmada Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Prosedur penelitian pada perbaikan pembelajaran ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Pada setiap siklus diberikan tindakan perbaikan yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media pipet dapat meningkatkan hasil belajar, dan meningkatkan rasa percaya diri pada siswa dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan dengan menggunakan media pipet. Siswa tidak lagi sebagai pendengar, melainkan lebih aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media pipet sangat berpengaruh positif dan sangat baik digunakan dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran Matematika. Dan peningkatannya sangat signifikan, serta indicator ketuntasan telah dipenuhi maka perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
…………., Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar, Jakarta : Depdagri RI bekerjasama Depdikbud, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 1996
Aisyah, Nyimas. 2007 Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas
Andayani, dkk (2007) Pemantapan Kemampuan Profesional : Jakarta Universitas Terbuka.
Arif. M, dkk. 2006. Media Pendidikan : Jakarta.
Djumiran, dkk 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.
Karti Soharto, dkk (2003) Komunikasi Pembelajaran (Peran dan Keterampilan Guru-Dosen dalam Kegiatan Pembelajaran) : Surabaya.
Permana. Johan, 1998. Strategi Belajar Meengajar. Jakarta : Dirjen Dikti
Suharsimi, Arikunto. 1998 Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta Sumantri
Suhartin. 1984 Mengatasi Kesulitan-Kesuliatan Dalam Pendidikan Anak. PT BPK Gunung Mulia
Wardani, I.G.A.K. dkk 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i4.180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats