PROSPEK TINGKAT PENJUALAN TAHU PASCA GEMPA PULAU LOMBOK (STUDI KASUS PADA UD”BAJANG”DI KOTA MATARAM)

I Gusti Ayu Oka Netrawati, I Gusti Putu Bagus Suastina

Abstract


Pasca gempa Pulau Lombok Tahun 2018, berdampak terhadap tingkat penjualan tahu  pada perajin-perajin yang ada di Kota Mataram. Pangan tersebut  merupakan makanan yang bergizi, rasanya enak , digemari masyarakat dan harga terjangkau sehingga menjadi pilihan  bagi masyarakat NTB. Pemasarannya sampai ke luar daerah seperti  Bali , bahkan ke Jepang. Penjualan  pasca gempa semakin tinggi, studi kasus pada UD “Bajang”. Hal ini membuat  peneliti ingin  mengetahui prospek tingkat penjualan tahu. Penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif. Alat analisisnya dengan   model Time Serie Least Squares untuk meramalkan penjualan yang akan datang berdasarkan data historis perusahaan. Hasil analisis diperoleh bahwa  4 bulan pasca gempa, tingkat penjualan  di ramalkan  yaitu bulan ke 5 sampai  dengan bulan ke 8 sebesar : 77 cetak/hari ;80 cetak/hari ; 82 cetak/hari ; 84 cetak/hari. Kesimpulan yang diperoleh bahwa prospek tingkat penjualan tahu pasca gempa Pulau Lombok ( studi kasus pada UD “Bajang” , Di Kota Mataram adalah baik, karena permintaan pasar terus meningkat .Kepada manajemen perusahaan diharapkan  kualitas poduk  tetap dijaga  sebagai makanan sehat. Dukungan  Pemerintah,   instansi  terkait dapat memberikan kebijakan agar  harga bahan baku dan  harga jual produk stabil serta mengawasi penjaminan mutu

Keywords


Produk ,Tren & Ramalan.

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma, H,. Prof., Dr..,Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, 2016, Penerbit Alfabeta, Bandung

Darsono P, SE,SF,MA,MM, & Ari Purwanti , M.Ak , 2010, Penganggaran Perusahaan, Penerbit Mitra Wacana Mitra , Jakarta

I Gusti Ayu Oka Netrawati & I Gusti Putu Bagus Suastina,2018, Analisis Metode Garis merah Dalam Rangka Pengendaian Persediaan Pada Usaha Tahu UD “Bajang ‘ Di Kota Mataram.

Irham Fahmi, SE,M.Si, 2013 , Manajemen Risiko, Teori, Kasus, dan Solusi , Penerbit Alfabeta, Bandung

Kasmir, DR,SE,MM dan Jakfar, SE,MM.,2012, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Penerbit PRENADAMEDIA GROUP, Jakarta

Nandan Limakrisna,H., Dr,Ir,MM.Com & Wilhelmus Hary Susilo,Dr,Ir,Mm.,IAI ,2012, Manajemen Pemasaran , Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis ,Penerbit Mitra Wacana Medika, Jakarta

Suliyanto,SE,M.S1, 2009, Metode Riset Bisnis, Penerbit ANDI, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i5.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats