PENERAPAN TEKNIK MANGKUK IKAN ATAU AKUARIUM (FISH BOWL) DAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 SURANADI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

I Nengah Madeg

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar Matematika  siswa kelas IV di SDN 2 Suranadi . Hal ini disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru (Teacher Centered) dan teknik serta metode yang digunakan monoton. Guru biasanya hanya mengajar dengan metode ceramah saja, dan tidak di dukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan  Teknik Mangkuk Ikan atau Akuarium (Fish Bowl) dan Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Matematika  siswa kelas IV SDN 2 Suranadi  Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika  siswa kelas IV SDN 2 Suranadi Tahun Pelajaran 2017/2018dengan menerapkan teknik Mangkuk Ikan Atau Akuarium (Fish Bowl) dan Card Sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi serta refleksi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi dan tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,375 dengan ketuntasan klasikal 70,83% dan skor rata-rata aktivitas siswa 53 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II data hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata 82,791 dengan ketuntasan klasikal 87,5% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 58,5 dengan kriteria aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan  Teknik Mangkuk Ikan atau Akuarium (Fish Bowl) dan Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar Matematika  siswa kelas IV SDN 2 Suranadi  Tahun Pelajaran 2017/2018

Keywords


Teknik Fish Bowl, Card Sort, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Alma, Buchari, dkk. 2014. Guru Professional. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Silberman, Mel. 2010. 101 Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta Barat: Indeks.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, B Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i6.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats