KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA DI AKADEMI PARIWISATA MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran dari kualitas pelayanan akademik di Akademi Pariwisata Mataram, (2) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, (3) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa, (4) pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa, dan (5) pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa. Peneltian ini merupakan penelitian survei. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian sebanyak 255 orang sedangkan sampelnya sebanyak 100 orang. Perhitungan sampel dengan Slovin dan penentuan sampel menggunakan Proportionate random sampling. Uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t dengan alat bantu menggunakan SPSS versi 22. Hasil deskrifsi keseluruhan aspek pada kualitas pelayanan akademik digambarkan dengan kualitas sangat baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan, yaitu uji F, dan uji hipotesis secara parsial, yaitu uji t, ditemukan pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa, juga ditemukan pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuas-an mahaiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prasetyaningrum,I.D.2009. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa (Studi kasus pada UNDARIS UNGARAN), Tesis. Program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro, Semarang.
Maulana, Y., Astuti, M., dan Surachman. 2012. Analisisi Pengaruh Servqual terhadap Kepuasan serta Loyalitas mahasiswa. Jurnal rekayasa Mesin, Malang. Vol.3, No. 1, pp.258-267.
Barata, Atep Adya, 2004. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Pt. Alex Media Komputindo. Jakarta.
Swastika, Rachma. 2005. Konsep Manajemen Strategis. PT. Indeks Kelompok Gra- media. Jakarta.
Prasetyorini. 2003. Kualitas Pelayanan Jasa. Esensi Erlangga. Jakarta.
Tjiptono, F. (2008), Strategi Pemasaran, Edisi III. Penerbit Andi Ofcet. Yogyakarta.
Reynold and Betty. 2000. Customer’s Satisfaction Management. Nur Cahaya.Jakarta.
Hallowell, Roger. 2002. The Relationship of Customer Satisfaction and Loyalty.Sinar Baru Algesindo, Bandung.
Semuel dan Wijaya. 2009. Persepsi Konsumen. Kanisius Media. Semarang.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i6.20
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats