PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI DI SDN 6 MATARAM

Siti Aminah

Abstract


Permasalahan proses pembelajaran yang terjadi di SDN 6 Mataram adalah rendahnya prestasi belajar yang disebabkan oleh pengggunaan metode dan model pembelajaran yang tidak tepat dengan jenis materi pelajaran. Dari fakta  tersebut dirumuskan  masalah sebagai berikut apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN 6 Mataram? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) yang optimal untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdapat 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 39 orang. Data aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi. Sedang data prestasi belajar diperoleh melalui tes pilihan ganda dan essay yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Data aktivitas guru dan peserta didik dianalisis secara deskriftip kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik, dapat dilihat dari perolehan nilai rerata dalam setiap siklus yaitu pada siklus I nilai rerata 75 dengan ketuntasan belajar 54%, peserta didik yang tuntas belajar berjumlah 21 orang dari 39 jumlah peserta didik, siklus II nilai rerata 87 dengan ketuntasan belajar  92%, peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 36 orang dari 39 jumlah peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa  penggunaan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas VI di SDN 6 Mataram.


Keywords


Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning; Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, Mohammad Faizal. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21, 2015, 34-42.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

http.prepository.uin-suska.ac.id

Mudzakir,Sutrisno. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyanto,2010.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Yuma Pustaka.

Taniredja,Tukiran.dkk. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta

Yamin, Martinis, 2007. Kiat Belajar Siswa. Jakarta:Gaung Persada Press.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats