UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS VII.1 SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE STAD DI SMP NEGERI 4 MATARAM

Ni Nyoman Saelendra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan cooperative learning (CL) tipe STAD dalam upaya meningkatkan Aktifitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 4 Mataram. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan kajian dan bahan temuan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas senyatanya. Bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam proses pembelajaran dan bagi peserta didik untuk meningktakan Aktifitas belajar yang berdampak meningkatnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus kegiatannya adalah; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi guru memperoleh skor rata-rata (4,18) dan hasil observasi peserta didik mencapai skor rata-rata (4,33). Sedangkan dampak dari peningkatan Aktifitas belajar adalah meningkatnya perolehan hasil belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata (85,00), artinya indicator keberhasilan (> 4,0) telah terlampaui. Karena indicator keberhasilan telah terbukti penelitian dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.


Keywords


Aktifitas dan hasil Belajar – Pendekatan CL tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2018, dalam https://ekokhoerul.wordpress.com/2012/06/27/konsep-aktivitas-belajar-siswa/, diambil tanggal 8 Januari 2018, pukul 20.45 Wita.

Arikunto, s. 2009, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Harun Rasyid dan Mansur, 2008, Penilaian Hasil Belajar, Bandung : CV Wacana Prima.

Lukmanul A, 2008, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV Wacana Prima.

Mukhtar, 2003, Prosedur Penilaian, Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhadi, 2003, Yasin ,B dan Sendule.A, 2003, Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang : Unitipetas Negeri Malang.

Robert E Slavin, 2010, Cooperative Learning Teori, riset dan Praktik, Bandung : Nusa Media.

Sardiman, 2007, Indikator Dan Aktifitas Belajar Mengajar, Jakarta : Raja Grafindo Perkasa.

Supriono, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i9.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats