KAJIAN SIMULASI ESTIMASI PARAMETER MODEL GSTAR-GLS UNTUK DATA BERPOLA MUSIMAN

Mike Prastuti, Iis Dewi Ratih

Abstract


Secara umum, metode untuk mengestimasi parameter dalam  model GSTAR adalah Ordinary Least Squares (OLS). Estimasi parameter dengan menggunakan OLS untuk model GSTAR dengan residual yang berkorelasi akan menghasilkan estimator yang tidak efisien. Metode yang sesuai untuk mengestimasi parameter dengan residual yang berkorelasi adalah Generalized Least Square (GLS). Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengusulkan metode GLS untuk mengestimasi parameter dalam model GSTAR Musiman, yang dikenal sebagai GSTAR-GLS, dan membandingkan hasilnya dengan metode OLS atau GSTAR-OLS. Selain itu, tujuan dari makalah ini adalah untuk mengekaji lebih lanjut dalam penentuan bobot spasial yang sesuai pada model GSTAR. Hasil studi simulasi menunjukkan bahwa penentuan bobot spasial pada model GSTAR dapat dilakukan secara optimal dengan menggunakan normalisasi hasil inferensi statistik terhadap parsial korelasi silang antar lokasi pada lag waktu yang bersesuaian. Selain itu, GSTAR-GLS menghasilkan estimator yang lebih efisien daripada GSTAR-OLS, dimana standard error yang dihasilkan lebih kecil

Keywords


GSTAR, GLS, bobot, estimator, dan efisien

Full Text:

PDF

References


Borovkova, S.A., Lopuhaa, H.P., dan Ruchjana, B.N. 2008. Consistency and asymptotic normality of least square estimators in generalized STAR models. Journal Compilation Statistica Neerlandica 62 (4) : 482-508.

Zellner, A. (1962). An efficient method of estimating seemingly unrelated regression equations and tests for aggregation bias. Journal of the American Statistical Association 57 : 348–368.

Srivastava, V.K. dan T.D. Dwivedi. (1979). Estimation of seemingly unrelated regression equations models: a brief Survey, Journal Econometrics, Vol. 10, hal. 15-32.

Henningsen, A., dan Hamann, J. D. (2007). systemfit: A package for estimating systems of simultaneous equations in R. Journal of Statistical Software, Vol. 23, No.4, hal. 1–40.

Suhartono dan Subanar. 2006. The Optimal Determination of Space Weight in GSTAR Model by Using Cross-correlation Inference, Journal of Quantitative Methods. Journal Devoted the Mathematical and Statistical Application in Various Field 2 (2) : 45-53




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i12.261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats