ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL MATERI PADA PELATIHAN KELUARGA SEHAT
Mustika Hidayati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi tingkat kesulitan butir soal materi yang disampaikan pada Pelatihan Keluarga Sehat. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah soal pada pembahasan tentang: (1) Pelayanan Gizi; (2) PelayananKIA; (3) Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular (4) Sanitasi lingkungan; (5) Komunikasi efektif dan (6) Manajemen Data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 (dua) yaitu: (1) Analisis statistik deskriptif; (2) Teknik analisis proporsi menjawab benar dalam analisis tingkat kesukaran (difficulty level). Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesulitan butir soal memiliki proporsi yang hampir sama untuk soal yang sulit, cukup sulit dan mudah dengan proporsi:(1) 33 persen butirsoal dalam kategori mudah; (2) 32 persen butir soal dalam kategori cukup sulit; dan (3) 35 persen butir soal dalam kategori sulit (sukar) .Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa soal-soal tersebut dapat dikatakan ideal sebagai soal latihan
Asmawi Zainul dan Noehi Nasoetion. 1997.Penilaian Hasil Belajar. Pusat Antar Universitas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Dan kebudayaan.
Suharsimi Arikunto. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Suryabrata,S.1999.Pengembangan Alat Ukur Psikologis.Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
Ngalim Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
____________________________________________ MEDIA BINA ILMIAH ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online) Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com