PENGOLAHAN SAMPAH BASAH DENGAN MENGGUNAKAN STATER DI HOTEL LOMBOK RAYA

I Ketut Bagiastra, Si Luh Putu Damayanti

Abstract


Pariwisata identik dengan keindahan dan Kebersihan, keindahan dan kebersihan  mencerminkan budaya suatu bangsa. Kebersihan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh nilai individu dan kebiasaan hidup sehari-hari. Hal-hal yang sangat berpengaruh diantaranya kebudayaan, social, keluarga, pendidikan, persepsi seseorang terhadap kesehatan, kebersihan lingkungannya. Volume sampah yang dihasilkan Hotel Lombok Raya, masih banyak yang belum tertangani dengan baik. Sebagian sampah bahkan ada yang dicampur dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sesungguhnya masih banyak sampah yang masih bisa dipilah untuk diolah menjadi bahan-bahan yang bermanfaat bahkan mungkin bernilai ekonomis tinggi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pengelolaan sampah basah,  mengetahui manpaat  stater dalam proses pengelolaan sampah basah, dan  mengetahui hasil proses pengelolaan sampah basah dengan pemanfaatan stater di hotel Lombok Raya Mataram. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda eksperimen. Teknik penentuan sampel adalah dengan Simple random sampling dan pengambilan data dilakukan dengan pengamatan langsung pada obyek yang diamati meliputi warna, bau, kekentalan, suhu, pH, dan kekentalannya. Data yang diperoleh selanjutnya diolah secara analisis deskriptif kwalitatif. Hasil yang diperoleh bahwa teknik pengelolaan sampah basah di hotel Lombok Raya Mataram telah dikelola dengan baik, dilihat dari pasilitas yang tersedia, sumberdaya manusia yang terlatih, dan manajemen yang baik. Pemanfaatan stater dapat mempercepat proses pengelolaan sampah basah di hotel Lombok Raya Mataram tanpa menimbulkan bau yang busuk dan menyengat. Hasil proses pengelolaan sampah basah dengan pemanfaatan stater di hotel Lombok Raya Mataram dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak itik yang cukup baik dengan biaya yang sangat murah.


Keywords


Sampah Organik, Stater

Full Text:

PDF

References


Aboejoewono, A., Pengelolaan Sampah Menuju ke Sanitasi Lingkungan dan Permasalahannya, Jak arta: Wilayah DKI Jakarta Sebagai Suatu Kasus, 1985

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta,2002.

Bagiastra I Ketut dan Damayanti SP. Hygiene Dan Sanitasi Pedagang Sate Bulayag Di Kawasan Wisata Suranadi, Media Bina Ilmiah, Volume 12, Nomor 12, Juli 2018.

Dwiyatmo, Kus, Pencemaran Lingkungan dan Penangannya, Yogyakarta: Citra Aji Parama, 2007.

Hadiwiyoto, S., Penanganan dan Pemanfaatan Sampah, Jakarta: Yayasan Idayu, 1983.

Neolaka, Amos, Kesadaran Lingkungan, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

S., Alex, Sukses Mengolah Sampah Organik Menjadi Pupuk Organik, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sucipto, Cecep Dani, Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah, Jakarta: Goysen Publishing, 2009.

Wintoko, Bambang, Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah Keuntungan Ganda Lingkungan Bersih dan Kemapanan Finansial, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

How to cite (IEEE): R. Riswan, H. Sunoko, and A. Hadiyarto, "PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KECAMATAN DAHA SELATAN," Jurnal Ilmu Lingkungan, vol. 9, no. 1, pp. 31-38, Feb. 2012. https://doi.org/10.14710/jil.9.1.31-38




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i1.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats