KEBIJAKAN PEMANFAATAN LIMBAH KITCHEN HOTEL BAGI USAHA PETERNAK ITIK PETELUR

I Ketut purwata, I Made Murdana

Abstract


Pertumbuhan industry pariwisata khususnya perhotelan kedepannya sangat menjanjikan sebagai penggerak perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat. Efek industry ini mampu menggerakkan semua sektor kehidupan masyarakat. Namun kemajuan ini memiliki efek terhadap lingkungan hidup khususnya limbah yang dihasilkan, baik limbah organik maupun non organik jika tidak ditangani dengan baik dan kreatif serta melibatkan pihak terkait. Namun jika di tangani dengan baik mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Usaha Peternak Itik Petelur merupakan usaha bersekala kecil (home industry) dalam rangka mendukung pengembangan destinasi dan ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah sebagai komponen masyarakat turut menyangga pembangunan Pariwisata dan Peternakan yang memiliki fungsi yang sangat penting. Hal yang penting yang ingin dicapai  dari pengabdian masyarakat ini adalah  1) meningkatkan kualitas Usaha Peternak Itik Pedesaan sebagai penyangga pengembangan Pariwisata dan ekonomi kreatif, 2) meningkatkan  pemahaman tentang ragam proses pengolahan telur itik, 3) Meningkatkan varitas produk wisata kuliner berbasis telur itik, 4) Membantu Peternak itik petelur untuk mendapatkan tehnik alternatif mendapatkan pakan ternak yang murah untuk menekan biaya produksi, 5) Menjembatani untuk menembus pasar hasil produksi usaha peternak itik petelur. Sedangkan metode yang digunakan adalah  penyuluhan dan sosialisasi peternakan unggas, menyelenggarakan  Bintek bagi anggota kelompok peternak , memberikan pelatihan dalam proses pembuatan berbagai produk olahan telur itik yang dibutuhkan konsumen lokal maupun mancanegara, melakukan  pendampingan dalam berbagai acara wisata kuliner  dan, teknik pengemasan dan pengiriman produk  telur itik, membentuk satu wadah/organisasi yang dapat menampung hasil produksi telur  usaha peternak itik, membantu proses mendapatkan alternative pakan ternak itik, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk membuka akses pasar dan penguatan jejaring.

Rencana kegiatan yang diusulkan adalah  sebagai berikut :1) Melakukan penyuluhan produk telur sebagai bahan makanan penting   di Desa Medas Desa Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat dan Desa Labu Lie, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah 2) Melatih usaha peternak Itik petelur dalam pengolahan  produksi dengan tehnis pengemasan vareatif untuk merambah pasar yang lebih  kompetitif. 3)Memberikan pelatihan dalam proses penanganan yang hygienis, pengkemasan, dan pemasaran yang memiliki nilai jual kompetitif, 4) Membantu dan pendampingan terhadap proses mendapatkan bahan pakan ternak itik petelur yang murah dan bermanfaat, 5) Melakukan pendampingan  dalam proses pemasaran produksi di  Desa Medas Desa Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat dan Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.


Keywords


Kebijakan, Peternak itik, Alternatif pakan itik

Full Text:

PDF

References


STP Mataram, 2009, Pedoman Penelitian Inovatif dan Pengabdian kepada Masayarakat, LP2M STP Mataram

Undang-undang Pariwisata No.10 tahun 2009, Tentang Kepariwisataan

www///pariwisata-dunia.blogspot.com

www///mataramkota.go.id

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Barat (Kecamatan dalam angka 2010)

Badan Pusat Statistik(BPS) Kabupaten Lombok Tengah, Statistik Daerah Jonggat 2015

Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Tengah, Kecamatan Jonggat Dalam Angka 2015

Provinsi Nusa Tenggara Barat,2000 , Sepuluh Tahun Pembangunan Pariwisata Nusa Tenggara Barat

Bagus Ngurah I Gusti, 2002, Masalah Budaya Dan Pariwisata Dalam Pembangunan , Kajian Budaya Universitas Udayana.

Pendit, Nyoman S, 2002, Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana, Edisi terbaru dengan perbaikan –perbaikan, Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Wariyanta, Drs, M Hum, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta, Penerbit Andi

Pitana I Gde, Surya Diarta I Ketut, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Hasil Wawancara :

I Gusti Lanang Patra, SE. General Manager Hotel Lombok Raya.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats