PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDY IPA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX C SMP NEGERI 17 MATARAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Siti Ulfa

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX CSMPN 17  Mataram semester Genap tahun pelajaran 2017/2018  melalui pembelajaran model STAD.

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX C SMP Negeri 17  Mataram, yang berjumlah 30 orang,. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi.    

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil  belajar  IPA siswa kelas IX C SMP Negeri 17  Mataram Semester Genap  tahun  pelajaran  2017/2018, dengan menggunakan model STAD  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah nilai hasil belajar ,rata-rata kelas sebelum tindakan 58.5 atau ketuntasan klasikal 50,%, menjadi 74 dengan  ketuntasan klasikal 42 % pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 84 dengan ketuntasan klasikal 84 % pada siklus II begitu pula halnya dengan nilai kaktifan  , nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 72 dengan ketuntasan klasikal 20 %  dan mengalami peningkatan yakni rata-rata 75 dengan ketuntasan klasikal 57 % pada siklus I meningkat pula pada siklus II dengan rata-rata nilai keaktifan 81 dengan capai klasikal  83 % dan, capaian hasil belajar peserta didik baik dari aspek hasil belajar maupun keaktifan tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 17  Mataram sebesar 75. Meningkatnya kegiatan siswa dalam pembelajaran IPA didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran model STAD  hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,19, menjadi 4,25 pada siklus II atau berada pada kategori sangat baik.

Keywords


Keaktivan, hasil Belajar Bidang Study IPA, STAD

Full Text:

PDF

References


Arif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Al Muchtar, S. (2002). Analisis Pembaharuan Kurikulum Pendidikan IPA. Makalah pada Seminar Nasional dan Musda I HISPISI Jawa Barat, UPI Bandung, 31 Oktober 2002.

Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran IPA. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.

Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.

Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

(https://id.wikipedia.org/wiki/ Pembelajaran model STAD)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats