PEMBERDAYAAN KELOMPOK NATURAL BAMBOO STRAW LOMBOK DUSUN EMBOAN DESA MANGKUNG KECAMATAN PRAYA BARAT

Syech Idrus, I Putu Gede, I Ketut Purawata

Abstract


Sasaran Program Kemitraan Masyarakat ini adalah Kelompok Natural Bamboo Straw me-rupakan perajin sedotan bambu di Dusun Emboan Desa Mangkung Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Permasalahan yang diha-dapi mitra, antara lain: Pertama, aspek produksi berkaitan dengan keterbatasan peralatan, masih menggunakan peralatan sederhana dan manual. Kedua, aspek manajemen, meliputi; a) ijin usaha dan Akta pendirian belum ada, b) pemasaran, pasar masih terbatas karena dilakukan dari mulut kemulut dan belum memiliki web/blog dan atau toko online sebagai media iklan, dan juga belum memanfaatkan media sosial lainnya, seperti istagram, facebook, twuitter, WhatsApp sebagai alat promosi dan c) mitra belum melakukan pencatatan dan pelaporan keuangan. Solusinya; Pertama, aspek produksi, mengadakan penambahan alat kerja untuk pembuatan sedotan bambu. Solusi kedua untuk aspek manajemen, antara lain; a) melakukan pelatihan pembuatan AD dan ART dan pendampingan pembuatan Akta pendirian dan ijin usaha, b) memperluas pasar, melakukan pelatihan pemasaran tentang pembuatan web/blog dan atau toko online sebagai media iklan, juga melakukan pelatihan memanfaatkan media sosial lainya seperti, istagram, facebook, twuitter, WhatsApp untuk meningkatan promosi, dan c) melakukan pelatihan serta pendampingan dalam membuat pencatatan pelaporan keuangan. Hasil capaian luaran kegiatan tim pelaksana PKM ini belum 100%, karena adanya keterbatasan pada saat latihan membuat web/blog di lokasi pelatihan, sinyal internet tidak stabil dan bahkan hilang. Saran untuk pemerintah terhadap kendala tersebut mengupayakan adanya tower/pemancar dari salah satu penyedia layanan/vendor telekomunikasi, agar sinyal dari telekomunikasi dapat stabil dan terjangkau, sehingga pemanfaatnya lebih luas untuk memasarkan produk sedotan bambu yang telah ada di Desa Mangkung saat ini.


Keywords


Ekonomi Produktif, Sedotan Bambu, Pemasaran, Keuangan

Full Text:

PDF

References


Wilco,Chris.,Sebille, Erik Van., and Hardesty, Britta Denise. 2015. Threat of plastic pollutionto seabirds is global, pervasive, and increasing. PNAS Early Edition. www.pnas.org/cgi/ doi/ 10.1073/pnas.1502108112. Vo. 112, issue.38, pp.11899-11904

Jambeck, Jenna R., Perryman, Miriam., Geyer, Roland., Wilcox, Chris., Andrady, Anthony., Narayan, Ramani., and Law, Kara Lavender. 2015. Plastic waste inputs from land into the ocean. SCIENCE. sciencemag.org. Vol.347, issue. 6223,pp.768-771.

Lestari, Swietenia Puspa. 2017. Gerakan Tanpa Sedotan Plastik dan Aksi Kebersihan Laut. http://marketplus.co.id/2017/05/nostrawmovement-kfc/. Diakses 2 Maret 2018.

Widnyana, K. 2012. Bambu dengan berbagai manfaatnya. https://ojs.unud.ac.id/index. php/blje/article/ download/2418/1646/, pp.1-10.

Kirkpatrick, D.L., Kirkpatrick, J.D., (2006). Evaluating Training Program; The Four Levels, 3rd Edition, San Fransisco: Berrett Koehler Inc.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats