PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DALAM BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENDUKUNG KEMAJUAN PARIWISATA KAB. DOMPU

Fathirma’ruf Fathirma’ruf, Budiman Budiman, Taufik Taufik

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) oleh mahasiswa STKIP Yapis Dompu, kegiatan tersebut dilakukan dengan metode Survey, Observasi, Dokumentasi dan Unjuk Kerja terhadap masalah yang diidentifikasi pada lokasi kegiatan (Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat), Kecamatan ini terkenal dengan potensi wisata yang menarik dan perhatian wisatawan, hasil identifikasi tersebut terkait dengan kemampuan Literasi dan Numerasi anak yang masih rendah, tingkat kesadaran pola hidup bersih masyarakat yang rendah, tidak dimanfaatkanya teknologi dalam mendukung kemajuan sector pariwisata. kegiatan KKN-PPM ini dianggap berhasil mendukung kemajuan pariwisata melalui bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Teknologi Informasi, hal ini terlihat dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain, Meningkatnya kemampuan Literasi dan Numerasi anak, Terdapatnya perangkat pembelajaran yang valid untuk dipergunakan dalam proses belajar mengajar disekolah, Terselenggaranya kegiatan perlombaan dalam bentuk permainan rakyat tradisional Terselenggaranya sosialisasi kesehatan dalam mengurangi angka Gizi Buruk, Terdapatnnya system informasi Desa berbasis Website, Terselenggaranya pelatihan komputer gratis bagi operator desa dan sekolah.


Keywords


Pemberdayaan, Pendidikan, Kesehatan & Teknologi

Full Text:

PDF

References


Arends, R, (1997). “Classroom Instruction and Management”. New York: McGraw-Hill Companies.

Dahar, R.W, (1986). “Interaksi Belajar Mengajar IPA”. Jakarta UT.

Eko Sugeng, dkk, (2013). “Pengelolaan sampah secara berbasis ekonomi kreatif didesa Krendetan, Bagelen, Purworejo”. Laporan akhir hibah KKN PPM, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Gunardi, Agung Sarwititi S, Purnaningsih Ninuk, Lubis Djuara P, (2006). “Pengantar Pengembangan Masyarakat, Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat”. Bogor. Fakultas Ekologi Manusia IPB dan Sekolah Pascasarjana IPB.

Muhardi, (2004). “Kontribusi Pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia”, jurnal fakultas ekonomi unisba, pp. 478-492.

Sumardjo dan Saharudin, (2006). “Tajuk Modul EP-523 : Metode-metode Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat”, Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB dan Sekolah Pascasarjana IPB.

Tampobolon, D, (2013). “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir di Kabupaten Kepulauan Meranti”. Jurnal Sorot, Vol 8, No 2, Oktober, 2013.

Triatmanto, dkk, (2014). “Penguatan Home Industry berbasis kelompok usaha bersama (KUB) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Sumbergiri menuju desa Madani”. Laporan akhir hibah KKN PPM, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tung, Khoe Yao, (1997). “Teknologi Jaringan Intranet”, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Widati sri, dkk, (2008). “Model pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang miskin melalui pemberdayaan masyarakat”. Laporan akhir hibah KKN PPM. Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats