PENGGUNAAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PENDEK DI KELAS IV SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

I Gusti Ayu Warniti

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan salah satu pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah. Ini berbeda sekali dengan kenyataan yang peneliti temui terutama pada pembelajaran menyimak cerita pendek di SDN 2 Jagaraga Indah , yang dimana belum dilaksanakan secara optimal, dengan kata lain siswa kesulitan dalam pembelajaran menyimak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka Peneliti berinisiatif menerapkan Penggunaan Metode Simulasi. Tujuannya adalah untuk mengetahui penerapan metode simulasi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam hal kemampuan menyimak cerita pendek di SDN 11 Cakranegara tahun pelajaran 2017-2018 . Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model John Elliot, yaitu model siklus yang dilakukan secara berulang-ulang dan berkelanjutan. Di setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap refleksi, dan tahap perencanaan untuk pelaksanaan siklus selanjutnya. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 11 Cakranegara, yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan dengan diterapkannya metode simulasi, kemampuan menyimak siswa terhadap cerita pendek dapat meningkat. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa berupa nilai yang meningkat. Pada Prasiklus hanya ada 16 siswa mencapai KKM dengan keetuntasan sebesar 50%. Pada siklus I ada 18 orang yang lulus KKM dengan ketuntasan sebesar 60% dan pada siklus II siswa yang  mencapai KKM sebanyak  24 orang dengan ketuntasan  sebesar 80%. Hasil ini telah melampaui indikator keberhasilan sebesar 80%. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil.


Keywords


Pokdarwis, Pemepek, Salam

Full Text:

PDF

References


Ardiana, Leo Indra, editor Auzar. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru : Cendikia Insani

Depdiknas, Pusat Kurikulum. Balibang. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta.

Depdiknas, Pusat Kurikulum. Balibang. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Balai Pustaka.

Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surabaya : SIC.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats