PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA PESERTA DIDIK KELAS IX A SMP NEGERI 13 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Emi Mulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis cerpen dan peningkatan hasil belajar peserta didik  kelas IX A  SMPN 13 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 melalui pembelajaran  menggunakan Media Gambar  Berseri. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelasIX A SMP Negeri  13 Mataram,  Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  kemempuan peserta  didik menulis cerpen dan hasil  belajar  Bahasa Indonesia  Peserta didik kelas IX A SMP Negeri  13 Mataram Semester ganjil  tahun  pelajaran  2016/2017, dengan menggunakan Media gambar berseri  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah,rata-rata pada siklus I, 75 dengan ketuntasan klasikal 48 %,dan  75,25 dengan capaian klasikal 51,28  meningkat menjadi rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 80,05%  , dan hasil belajar rata-rata 79.81 dengan capaian klasikal 84.62 pada siklus II., capaian kemampuan menulis cerpen dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 13 mataram sebesar 75. Meningkatnya kemampuan  Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran Media gambar berseri  hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,15, menjadi 4,1 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai.


Keywords


Kemampuan menulis cerpen, Hasil belajar Bahasa Indonesia dan Pembelajaran Media gambar berseri.

Full Text:

PDF

References


Arif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Al Muchtar, S. (2002). Analisis Pembaharuan Kurikulum Pendidikan BAHASA INDONESIA. Makalah pada Seminar Nasional dan Musda I HISPISI Jawa Barat, UPI Bandung, 31 Oktober 2002.

Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran BAHASA INDONESIA. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.

Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nana Sudjana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.

Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

(https://id.wikipedia.org/wiki/ Pembelajaran Media gambar berseri)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats