UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS V SDN 2 SEMBUNG TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Makmun Muliadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas V SDN 2 Sembung  tahun pelajaran 2018-2019. Bentuk prosedur perbaikan pembelajaran ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam 2 (dua) siklus tindakan, dimana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi.  Masalah pembelajaran dapat ditemukan melalui observasi dan atau refleksi awal terhadap pembelajaran.  Berdasasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa Model  Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI  SDN  2 Sembung  tahun pelajaran 2019/2020, hal ini ditunjukan bahwa  pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus II menggunakan Model  Examples Non Examples telah terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 24,00% atau dari 68,00% menjadi 92,00%. Hasil siklus II sudah melampaui indikator ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berarti pelaksanaan penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil. Maka hipotesis tindakan diterima dan penelitian dinyatakan tuntas

Keywords


SDN 2 Sembung, Model Examples Non Examples & Siklus

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Iskandar. 2001. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di SD Bandung, Refika Aditama

Agus Suprijono, 2009. Panduan Lengkap Mengajar . Yogyakarta : Pinus

Ali Muhammad. 2004. Ilmu Mendidik. Yogyakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas: 2006. Kurikulum. Jakarta: Depdiknas

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, (2004: 49) Hasil Belajar. Bandung : CV. Alfabeta

Kiranawati, 2007 Definicinta.blogspot.com. Di akses tanggal 11 februari 2019).

Kusumah, (2008: 45) Model Pembelajaran Kooperatif Sekolag Dasar Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Muslimin Ibrahim, (2004: 3) . www.google.co.id. Di akses tanggal 9 maret 2019

Rochyandi, (2004 : 11) model pembelajaran kooperatif Bandung: PT Mizan Pustaka Anggota IKAPI.

Slavin dan Chotimah. 2007. Pembelajaran Examples Non Examplesa Jakarta:Rineka Cipta

Sudjana, 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung.: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats