HAMBATAN DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (STUDI KASUS PADA PERAJIN KAIN TENUN TRADISIONAL DUSUN SADE)

I Gusti Ayu Oka Netrawati, I Gusti Putu Bagus Suastina, Jumawan Ali

Abstract


Desa Sade merupakan ikon NTB di dunia pariwisata,  karena keunikan budaya dan khas sebagai perajin kain tenun tradisional. Sebagai pelaku bisnis perajin banyak menghadapi masalah pada pengelolaan marketing mix yaitu 4 P (Product,Price,Place & Promotion). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan dari hambatan yang dihadapi kelompok perajin Desa Sade,dalam mengembangkan bisnis kain tenun tradisional  Metode analisis yang digunakan adalah diagram Fishbone , mencari akar penyebab masalah. Hasil permasalahan yang dihadapi faktor utamanya adalah manajemen kualitas dengan pendekatan manajemen pemasaran, dan faktor pendukungnya seperti kualitas bahan baku, metode pengerjaan sangat tradisional,permodalan  penentuan harga dan saluran distribusi,  belum efektif dan efisien, serta kurangnya promosi..Kesimpulannya hambatan dalam mengembangkan  ekonomi kreatif  adalah  manajememen kualitas dengan pendekatan marketing mix . Saran untuk perajin, pemerintah dan mitra kerja adalah perlu melakukan inovasi bauran pemasaran. Keterbatasan penelitian ini belum diketahuinya bagaimana strategi bisnis untuk kestabilan pasar di era revolusi indusri 4.0.

Keywords


Kendala Bisnis, Manajemen, Kreatifitas & Inovatif

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha, Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberty, Yogyakarta

Dorothea Wahyu Ariani, 2003, Manajemen Kualitas, Pendekatan Sisi Kualitatif penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.

Faisal, Afiff, Menuju Pemasaran Global, 1994, Penerbit PT. ERESCO, Bandung

Fikry Hamidy, Pendekatan Analisis FISHBONE Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis Infoemasi E-Koperasi , Jurnal Teknoinfo V0l.10. N0 1.2016. 103 ISSN : 16930-0010.

H.Buchari Alma,2008, Kewirausahaan,untuk Mahasisw dan Umum, PenerbitAlfabeta, Bandung

Gea Gita Rismahardi , Aplikasi FISHBONE ANALYSIS, dalam Mningkatkan Kualitas Pare Putih Di Aspakusa makmur, Kabupaten Boyolali, e-Jurnal Agrista, - ISSN 230-1713- http/agribisnis.fp.uns.ac.id , copyright@2012Program Studi Agribisnis0Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta

Gunawan Adi Saputra, 2010, Mnajemen Pemasaran, Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran, Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta

Geoffrey G.Meredith et al, 2002, Seri Manajemen Strategis No,1 , Kewirausahaan Teori dan Praktis, Penerbit PPM, Jakarta

H,Nandan LimaKrisna, Wilhelmus Hary Susilo, 2012, Manajemen pemasaran, Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis, Penerbit Miyra Wacana Media, Jakarta

https://www.maxmanroe.com?pengertian-marketing-mi.htm

https://kominfo.go.id/content/detail/5277/ekonoli.kreatif-adalah-pilar-perekonomian-masadepan/0/beita

https://economy.okezone.com/read/2011/11/18/320/531386/5-kendala-pengembangan-ekonomi-kreatif-di-ri

https://www.umm.ac.id/en/opini/ekonomi-kreatif-permasalahan-tantangan-dan-prospeknya.htmi

Kadar Rusman, 2014, Manajemen Perusahaan, Penerbit PUSTAKA SETIA, BANDUNG

Masiyah Kholmi, Yuningsih, 2009, Akuntansi Biaya, Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Mas’ud Machfoedz ,Mahmud Machfoedz, 2005, Kewirausahaan , Metode, Manajemen,dan Implementasi, Penerbit BPFE UGM, Yogyakarta

Panji Anoraga, H.Djoko Sudatmoko2002,, Koperasi Kewirausahan dan Usaha Kecil, Penerbit Rineka Cipta,Jakarta

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis , Penerbit ALFABETA, Bandung

Suliyanto, 2009, Metode Riset Bisnis, Penerbit ANDI , Yogyakarta

Sondang P. Siagian, 2007, Manajemen Strategik, Penerbit BUMI AKSARA, Jakarta

www.google.com Ekonomi kreatif https://g.co/kgs/Qn5vgT




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i4.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats